Pengaruh persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan, dan persepsi risiko terhadap minat menggunakan layanan mobile banking Bank Syariah Indonesia : studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang

Astriningrum, Novi (2023) Pengaruh persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan, dan persepsi risiko terhadap minat menggunakan layanan mobile banking Bank Syariah Indonesia : studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1905036132_Novi Astriningrum_Lengkap] Text (Skripsi_1905036132_Novi Astriningrum_Lengkap)
Skripsi_1905036132_Novi Astriningrum_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Seiring dengan berjalannya waktu, industri teknologi informasi saat ini sedang mengalami perkembangan yang pesat. Kemajuan teknologi tersebut berdampak pada perkembangan di berbagai bidang lainnya, salah satunya adalah perkembangan sistem pembayaran. Dalam industry perbankan, perkembangan teknologi ini menghadirkan layanan mobile banking. Dengan hadirnya mobile banking sangat memudahkan bagi nasabah dalam melakukan suatu transaksi perbankan karena transaksi cukup dilakukan melalui handphone tanpa perlu ke bank. Pra riset pada 30 mahasiswa FEBI UIN Walsiongo Semarang diperoleh hasil bahwa 9 mahasiswa yang memiliki rekening BSI dan 6 mahasiswa yang memiliki Mobile Banking BSI. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi penurunan minat dan kurang menyeluruh dalam menggunakan mobile banking BSI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi minat menggunakan mobile banking, yaitu faktor persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan, dan persepsi risiko.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer berbentuk kuisioner. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan populasi yang digunakan pada penelitian ini merupakan mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang angkatan 2019-2022 dengan mengambil sampel sebanyak 100 responden. Data kemudian dianalisis menggunakan pengujian validitas dan uji reabilitas, uji sumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas), analisis regresi linear berganda, uji hipotesis (uji koefisien determinan, uji f, uji t) dengan bantuan software SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan layanan mobile banking BSI. Sedangkan, persepsi risiko tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan layanan mobile banking BSI serta secara keseluruhan mempunyai pengaruh Bersama terhadap minat menggunakan layanan mobile banking BSI dengan nilai signifikansi 0.00 < 0.05 dan nilai F hitung 27.627 > F tabel

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi kemudahan; Persepsi risiko; M-Banking: Bank Syariah Indonesia
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 14 Oct 2023 02:42
Last Modified: 14 Oct 2023 02:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21558

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics