Makna pesan toleransi antarumat beragama dalam web series “Ustad Milenial”

Ulum, Nafiatul (2022) Makna pesan toleransi antarumat beragama dalam web series “Ustad Milenial”. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of 1701026153_NAFIATUL_ULUM_SKRIPSI] Text (1701026153_NAFIATUL_ULUM_SKRIPSI)
1701026153_Nafiatul Ulum_Full_Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara plural dengan masyarakat beragam suku, budaya, dan agama. Hidup berdampingan tentu menyisihkan konflik di dalamnya jika tidak ada sikap saling toleran. Hadirnya web series Ustad Milenial yang memiliki banyak nilai termasuk nilai toleransi antarumat beragama cocok dikaji jika melihat fenomena konflik-konflik intoleransi yang masih kerap terjadi di Indonesia. Dalam penelitian ini, penulis melakukan penelitian terhadap web series Ustad Milenial dengan memfokuskan nilai toleransi muslim dan nonmuslim di dalamnya
Sumber data yang peneliti gunakan yaitu web series dengan judul Ustad Milenial yang disutradarai oleh Hestu Saputra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitiaan kualitatif dengan pendekatan kepustakaan atau library research dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui makna pesan toleransi muslim dan nonmuslim dalam web series Ustad Milenial.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa web series Ustad Milenial mengandung makna pesan toleransi yang bisa diambil manfaatnya untuk kehidupan bermasyarakat, khususnya bagi muslim dan nonmuslim yang hidup berdampingan. Adegan-adegan tersebut yaitu muslim dan nonmuslim tetap dapat berkenalan dengan bersalaman (tidak harus berjabat tangan secara langsung), dengan penanda: hijab dan tidak berhijab, petanda: muslim dan nonmuslim, denotasi: menolak jabat tangan secara langsung, konotasi: menerima salam dengan tidak bersentuhan sesuai ajaran dalam Islam, mitos: jabat tangan atau bersalaman dalam masyarakat memiliki fungsi seperti membuka komunikasi, sapaan pertama kali bertemu, dan juga sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan ketika pertama kali berkenalan guna mempererat hubungan sesama manusia (termasuk muslim dan nonmuslim tentunya). Selain itu, makna pesan toleransi antarumat beragama dalam web series Ustad Milenial lainnya yaitu senyum menjadi hal yang penting karena dapat menyenangkan orang lain sehingga membuat orang lain senang itu berarti meminimalisir terjadinya konflik, toleransi dalam hal perbedaan cara berdoa, toleransi dalam hal menunggu umat lain beribadah dan tidak mengganggunya, bekerja sama dengan siapapun tanpa mempermasalahkan latar belakang agama, toleransi mengajak umat lain makan bersama saat hari rayanya, toleransi menghargai umat lain yang sedang berpuasa maupun menjalankan ibadah apapun dalam agamanya yang tidak sama dengan kita, dan toleransi mengucapkan selamat saat hari raya kepada umat lain sebagai penghormatan penganutnya (tanpa mengiyakan kebenaran di dalam hatinya atas hari raya umat lain. Akan tetapi, tetap yakin pada kepercayaan yang dianutnya).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Toleransi; Web Series; Semiotika Roland Barthes
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 14 Oct 2023 02:59
Last Modified: 14 Oct 2023 02:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21559

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics