Analisis hambatan fungsional pada adopsi layanan al hikmah mobile : studi kasus KSPPS BMT Al Hikmah Semesta Cabang Mlonggo Jepara

Anggreani, Alvina (2023) Analisis hambatan fungsional pada adopsi layanan al hikmah mobile : studi kasus KSPPS BMT Al Hikmah Semesta Cabang Mlonggo Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1905036134_ Alvina Anggreani_Lengkap] Text (Skripsi_1905036134_ Alvina Anggreani_Lengkap)
Skripsi_1905036134_ Alvina Anggreani_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Al Hikmah Semesta merupakan sebuah layanan yang bergerak dalam bidang jasa perbankan syariah. BMT Al Hikmah Semesta Mlonggo memberikan berbagai layanan untuk nasabah, salah satu layanan yang ditawarkan di bidang digital yaitu Al Hikmah Mobile. Al Hikmah Mobile adalah sebuah layanan digital yang disediakan perbankan syariah untuk melakukan transaksi. Tetapi dalam penelitian ini, ada fenomena yang menjadi kendala dalam adopsi layanan Al Hikmah Mobile yaitu (1) Bagaimana hambatan fungsional pada adopsi layanan BMT Al Hikmah Mobile? (2) Bagaimana strategi BMT Al Hikmah Semesta Mlonggo dalam mengatasi hambatan fungsional pada adopsi layanan Al Hikmah Mobile? (3) Bagaimana strategi BMT Al Hikmah Semesta Mlonggo dalam mempromosikan layanan Al Hikmah Mobile?.. Tujuan dari penelitan ini adalah hambatan fungsional pada adopsi ayanan Al Hikmah Mobile, bagaimana mengatasi hambatan tersebut dan strategi meporomosikan layanan Al Hikmah Mobile. Dalam penelitian ini penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, wawancara, dokumentasi. Dari hasil penelitian ini yaitu berdasarkan hasil observasi, wawancara dan pembagian kuisioner dengan menggunakan indikator teori hambatan fungsional menunjukkan bahwa minat nasabah masih kurang dalam adopsi layanan Al Hikmah Mobile, hal ini disebabkan oleh faktor penggunaan, nilai, risiko. Kegagalan dari hambatan fungsional tersebut Pada hambatan penggunaan yaitu nasabah belum mengetahui layanan Al Hikmah Mobile, nasabah yang sudah mengetahui aplikasi belum minat untuk mengakses layanan Al Hikmah mobile, kurangnya literasi mengenai layanan Al Hikmah Mobile. Hambatan nilai yaitu layanan Al Hikmah Mobile belum bisa menerima transfer masuk dari Bank lain, tidak bisa melakukan kebutuhan nasabah untuk melakukan tarik tunai pada saat kantor sudah tutup. Hambatan Resiko yaitu nasabah belum siap menerima kendala dalam menggunakan Layanan Al Hikmah Mobile, nasabah takut apabila melakukan transaksi terjadi kesalahan. Strategi yang digunakan oleh BMT AL Hikmah Semesta adalah Peningkatan fitur-fitur layanan Al Hikmah Mobile, target pada marketing untuk mendapatkan nasabah dan aktifasi layanan Al Hikmah Mobile, karyawan diwajibkan untuk mempromosikan aplikasi dengan imbalan reward, BMT Al Ini termasuk pendekatan pemasaran WIC (Walk In Customer), promosi media sosial, membagikan pamflet produk kepada masyarakat umum, dan promosi di acara keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Adopsi; Hambatan; Layanan Al Hikmah Mobile
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 14 Oct 2023 03:00
Last Modified: 14 Oct 2023 03:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21560

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics