Manajemen produksi program mimbar Agama Islam pada radio Buana Asri di Kabupaten Sragen

Sholikah, Munafi’atus (2022) Manajemen produksi program mimbar Agama Islam pada radio Buana Asri di Kabupaten Sragen. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of 1801026076_MUNAFI'ATUS_SHOLIKAH_SKRIPSI] Text (1801026076_MUNAFI'ATUS_SHOLIKAH_SKRIPSI)
1801026076_Munafi_atus Sholikah_tugas akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Munafi’atus Sholikah, 1801026076. Manajemen Produksi Program Mimbar Agama Islam Pada Radio Buana Asri di Kabupaten Sragen.
Radio Buana Asri merupakan salah satu radio yang ada di Kabupaten Sragen. Program Mimbar Agama Islam pada Radio Buana Asri disiarkan secara live atau langsung di mana ketika seorang penyiar membacakan naskah siaran, pada saat itu juga pendengar bisa mendengarkan apa yang disampaikan oleh penyiar dan pesan yang disampaikan biasanya lebih up to date. Akan tetapi, siaran langsung memiliki resiko yang lebih besar dalam penyajiannya baik kendala teknis maupun non teknis. Sehingga membutuhkan ketrampilan dan sumber daya yang mendukung untuk memproduksi program.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana manajemen produksi program Mimbar Agama Islam yang ada di Radio Buana Asri. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program Mimbar Agama Islam pada Radio Buana Asri di Kabupaten Sragen telah menerapkan fungsi manajemen yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling). Akan tetapi masih ada kekurangan pada tahap perencanaan di mana yang seharusnya dilakukan pembacaan naskah sebelum on air terkadang tidak dilakukan karena narasumber atau tim produksi datang terlambat ke studio. Pada proses pengorganisasian telah dilaksanakan pembagian kerja, meskipun ada perangkapan tugas yaitu penanggung jawa juga sebagai penyiar tapi tidak merasa keberatan karena proses produksi radio tidak terlalu rumit.
Pada proses actuating terdapat kendala baik dari segi teknis maupun non teknis namun keduanya sudah disiapkan perencanaan untuk menghadapi jika terjadi kendala tersebut. Kendala pada segi non teknis yaitu narasumber yang berhalangan hadir saat jadwal jam siar dan belum melakukan voice recording, terpaksa harus menyiarkan musik-musik religi yang sudah disiapkan pada tahap perencanaan untuk mengisi program Mimbar Agama Islam. Sedangkan kendala yang dari segi teknis ada yang bisa dikendalikan yaitu pemadaman listrik masih bisa dihadapi dengan memakai genset sedangkan kendala yang terjadi di luar kendali yaitu suara yang tiba-tiba hilang saat siaran. Pada proses controlling sudah dilakukan dengan baik. Hal tersebut terbukti dengan adanya evaluasi sebelum on air dan evaluasi setelah on air.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen Produksi; Program Mimbar Agama Islam; Radio
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 070 News media, journalism, publishing
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 14 Oct 2023 03:41
Last Modified: 14 Oct 2023 03:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21568

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics