Implementasi digital marketing dalam membangun brand awareness: studi pada program Usaha Kecil Menengah (UKM) Tangguh Pilar Ekonomi Daarut Tauhid (DT) Peduli Jawa Tengah

Andystha, Dhandy (2023) Implementasi digital marketing dalam membangun brand awareness: studi pada program Usaha Kecil Menengah (UKM) Tangguh Pilar Ekonomi Daarut Tauhid (DT) Peduli Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905056002_Dhandy Andystha] Text (Skripsi_1905056002_Dhandy Andystha)
Skripsi_1905056002_Dhandy Andystha.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Digital marketing (pemasaran digital) merupakan kegiatan pemasaran yang memanfaatkan media digital untuk berkomunikasi dengan pelanggan atau calon pelanggan. Namun, DT Peduli belum menemukan cara yang tepat untuk dapat mempromosikan program UKM Tangguh melalui digital marketing, baik menggunakan sosial media maupun marketplace sebagai platform untuk mengenalkan atau program UKM Tangguh yang kurang bahkan belum dikenal oleh masyarakat luas. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu, mengetahui bagaimana implementasi digital marketing dalam membangun brand awareness UKM Tangguh, dan mengetahui hambatan implementasi digital marketing dalam membangun brand awareness UKM Tangguh.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang mana penelitian ini membahas mengenai hal-hal secara deskripsi dan bukan menggunakan angka. Sumber data yang digunakan yaitu, data primer, melalui observasi di DT Peduli Jawa Tengah dan wawancara dengan Kepala Divisi Ekonomi, dan data sekunder, melalui dokumentasi mengenai DT Peduli Jawa Tengah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menyebutka implementasi digital marketing yang digunakan oleh DT Peduli Jawa Tengah dalam membangun brand awareness pada program UKM Tangguh yaitu melalui website marketing, social media marketing, dan instant messaging marketing. hambatan implementasi digital marketing dalam membangun brand awareness program UKM Tangguh yaitu kurangnya SDM serta kurangnya mitra teknologi yang tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing; Brand Awareness; UKM Tangguh; DT Peduli Jawa Tengah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen
Depositing User: Ahlis Ahwan
Date Deposited: 14 Nov 2023 09:54
Last Modified: 14 Nov 2023 09:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21569

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics