Pesan peduli lingkungan dalam komik hey.jong di instagram

Ratnasari, Sheila Tanjaya (2022) Pesan peduli lingkungan dalam komik hey.jong di instagram. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of 1801026082_SHEILA_TANJAYA_RATNASARI_SKRIPSI] Text (1801026082_SHEILA_TANJAYA_RATNASARI_SKRIPSI)
1801026082_Sheila Tanjaya Ratnasari_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Sheila Tanjaya Ratnasari, 1801026082. Pesan Peduli Lingkungan dalam Komik Hey.Jong di Instagram
Isu lingkungan hidup menjadi perbincangan yang menarik perhatian global pada abad ke-21. Hal ini bermula dari banyaknya kasus permasalahan lingkungan yang muncul. Tidak dipungkiri sebagian besar kasus berawal dari perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab. Melihat kondisi tersebut dibutuhkan kepekaan dalam melihat lingkungan sekitar. Upaya yang dapat dilakukan yaitu melalui aksi kepedulian lingkungan dengan menyampaikan pesan lingkungan. Pesan menjadi bagian penting untuk menjembatani segala bentuk gagasan agar dapat memberikan makna bagi orang yang menerima pesan. Penyampaian pesan peduli lingkungan dapat disebarkan melalui media komik, seperti komik strip Islami Hey. Jong yang mengangkat isu lingkungan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami pesan peduli lingkungan yang terkandung dalam komik Hey.Jong. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan content analyisis Krippendorf. Sumber data yaitu delapan komik Hey.Jong yang bertema lingkungan. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian analisis isi ini yaitu melalui enam tahapan unitizing, sampling, recording, reducing, inferring, dan narrating. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu ditemukannya komik yang memuat pesan peduli lingkungan. Pesan peduli lingkungan tersebut membahas tentang gaya hidup konsumtif, peran menjaga bumi, dampak mencemari lingkungan, membuang sampah sembarangan, menjaga keseimbangan kehidupan, eksploitasi alam, sikap bertanggung jawab terhadap alam, menjaga kebersihan dan tidak merusak alam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pesan; Peduli Lingkungan; Komik; Instagram
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
700 The arts > 740 Drawing and decorative arts > 741 Drawing and drawings
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 14 Oct 2023 03:56
Last Modified: 14 Oct 2023 03:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21570

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics