Analisis strategi pemasaran produk simpanan berhadiah dalam meningkatkan keunggulan kompetitif pada perspektif ekonomi Islam : studi kasus BMT Mitra Anda Sejahtera Sampangan Semarang

Khasanah, Dian Nur (2023) Analisis strategi pemasaran produk simpanan berhadiah dalam meningkatkan keunggulan kompetitif pada perspektif ekonomi Islam : studi kasus BMT Mitra Anda Sejahtera Sampangan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1905036139_Dian Nur Khasanah_Lengkap] Text (Skripsi_1905036139_Dian Nur Khasanah_Lengkap)
Skripsi_1905036139_Dian Nur Khasanah_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

BMT Mitra Sejahtera Anda Sampangan Semarang merupakan lembaga pendukung kegiatan ekonomi masyarakat kecil dengan berlandaskan syariat islam. Dalam upaya mempertahankan eksistansi dengan lembaga lain, BMT Mitra Anda Sejahtera Semarang harus mampu bersaing secara kompetitif dengan menerapkan segmentasi, targeting, positioning, utamanya adalah simpanan berhadiah. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis segmentation, targeting dan positioning pada produk simpanan berhadiah di BMT Mitra Anda Sejahtera Sampangan Semarang dalam meningkatkan keunggulan kompetitif dalam perspektif ekonomi islam. Dalam penyusunan skripsi, penulis menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Strategi segmentation pada produk simpanan berhadiah sudah memenuhi kriteria 3 dari 4 jenis-jenis dalam segmentasi, yaitu geografis, demografis, dan perilaku. Strategi targeting pada produk simpanan berhadiah yang menjadi pasar utamanya adalah para wali murid siswa di sekolah, tetapi kemungkinan yang dituju tidak hanya pedagang saja, tetapi semua kalangan masyarakat. Strategi positioning menggunakan tiga jenis strategi penentu posisi. Hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh BMT Sepakat Sejahtera sudah sesuai dengan nilai-nilai dan prinsip Ekonomi Islam yaitu Adl, dan Takaful.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Segmentasi; Target; Simpanan berhadiah, Kompetitif; Ekonomi islam
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 14 Oct 2023 03:53
Last Modified: 14 Oct 2023 03:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21572

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics