Nilai-nilai moderasi beragama dalam film animasi Nussa dan Rara

Mahfudin, Muhammad Fika Lutfi (2022) Nilai-nilai moderasi beragama dalam film animasi Nussa dan Rara. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of 1801026106_MUHAMMAD_FIKA_LUTFI_MAHFUDIN_SKRIPSI] Text (1801026106_MUHAMMAD_FIKA_LUTFI_MAHFUDIN_SKRIPSI)
1801026106_Muhammad Fika Lutfi Mahfudin_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Nama : Muhammad Fika Lutfi mahfuddin
Nim : 1801026106
Judul : Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Film Animasi Nussa dan Rara
Film animasi Nussa dan Rara adalah film yang diproduksi The Little Giant 4Strip Production oleh Aditya Triantoro yang disutradarai Bony Wirasmoro. Film animasi Nussa dan Rara menceritakan keseharian anak-anak dan konflik kecil antara kakak dan adik yaitu Nussa dan Rara. Konflik-konflik kecil ini yang sering dijumpai di masyarakat. Nussa merupakan anak laki-laki yang berusia 9 tahun yang hadir sebagai karakter utama, yang memiliki sifat keingintahuan yang tinggi tentang luar angkasa sehingga membuatnya ingin menjadi astronot dan hafidz Al-Qur’an. Seringkali nusa menjadi pemecah masalah konflik di akur cerita. Sedangkan rara merupakan adik Nussa yang berumur 5 tahun dan memiliki sifat pemberani, selalu aktif, periang, dan berimajinasi yang tinggi. Rara mempunyai sifat anak kecil seusianya yang suka ceroboh dan tidak sabaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai moderasi beragama dalam film animasi Nussa dan rara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis) yang tidak hanya memfokuskan penelitian terhadap komunikasi yang terlihat namun juga untuk mengetahui isi yang tidak terlihat. Sumber data yang digunakan adalah video film animasi Nussa dan Rara.
Berdasarkan data yang diteliti, hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai moderasi beragama yang terkandung dalam film animasi Nussa dan Rara yaitu cinta tanah air, saling tolong menolong meskipun memiliki latar belakang ras, suku, agama, suka rela dalam tolong menolong tidak mengharap imbalan apapun, empati yang tinggi kepada orang lain meskipun berbeda ras, suku, agama, dan budaya, anti kekerasan, serta saling menghormati dan mengakui hak orang lain tanpa membedakan ras, suku, agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai; Moderasi Beragama; Film Animasi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 14 Oct 2023 04:38
Last Modified: 14 Oct 2023 04:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21580

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics