Strategi komunikasi Badan Amil Zakat Nasional Jawa Tengah dalam membangun citra di masyarakat

Widiyani, Selvi (2022) Strategi komunikasi Badan Amil Zakat Nasional Jawa Tengah dalam membangun citra di masyarakat. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of 1801026117_SELVI_WIDIYANI_SKRIPSI] Text (1801026117_SELVI_WIDIYANI_SKRIPSI)
1801026117_Selvi Widiyani_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Selvi Widiyani (1801026117) “Strategi Komunikasi Badan Amil Zakat Nasional Jawa Tengah dalam Membangun Citra Positif di Masyarakat” Skripsi, Program Strata (S-1) Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Lembaga filantropi atau fundraising di Indonesia kurang mendapatkan kepercayaan yang kuat dari masyarakat. Hal ini ditandai dengan pola menyumbang atau berdonasi masyarakat Indonesia yang masih cenderung direct giving atau lebih memilih untuk memberikan donasinya secara langsung kepada penerima dibandingkan berdonasi melalui perantara lembaga. Hal ini disebabkan oleh banyaknya fenomena penyalahgunaan kepercayaan masyarakat yang dilakukan oleh lembaga fundraising ataupun filantropi kerap kali terjadi di masyarakat. Dalam kasus ini tentu citra lembaga dipertaruhkan, tidak hanya lembaga yang bersangkutan namun juga lembaga-lembaga yang serupa.
Badan Amil Zakat Nasional Jawa Tengah merupakan salah satu lembaga pemerintah non struktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada presiden melalui menteri. Tidak hanya melayani persoalan zakat saja, Baznas Provinsi Jawa Tengah juga memiliki beberapa program-program lainnya seperti santunan fakir miskin, biaya pendidikan, bantual modal usaha, program kemanusiaan dan lain-lain. Penelitian ini berfokus untuk mengetahui dan mengkaji lebih dalam bagaimana strategi yang dilakukan oleh Badan Amil Zakat Nasional dalam membangun citranya di masyarakat ditengah gempuran maraknya isu dan persoalan donasi yang kerap kali diselewengkan oleh beberapa oknum lembaga serupa untuk kepentingan pribadi, dan juga banyaknya wadah atau lembaga fundraising yang ada di Indonesia.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara serta dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh Baznas Provinsi Jawa Tengah untuk membangun citra di masyarakat adalah dengan cara merumuskan strategi komunikasi diantaranya adalah menentunka khalayak, menentukan tujuan, menyusun pesan dan menetapkan metode yang dipilih.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi; Baznas Provinsi Jawa Tengah; Citra Lembaga .
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 14 Oct 2023 04:58
Last Modified: 14 Oct 2023 04:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21582

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics