Resepsi pembaca dalam situs goodreads terhadap nilai keIslaman buku Unlimited You karya Wirda Mansur

Silviana, Luzna (2022) Resepsi pembaca dalam situs goodreads terhadap nilai keIslaman buku Unlimited You karya Wirda Mansur. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of 1801026133_LUZNA_SILVIANA_SKRIPSI] Text (1801026133_LUZNA_SILVIANA_SKRIPSI)
1801026133_Luzna Silviana_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Luzna Silviana (1801026133), Resepsi Pembaca dalam Situs Goodreads Terhadap Nilai Keislaman Buku Unlimited You Karya Wirda Mansur.
Pembaca dalam situs goodreads memiliki resepsi atau penikmatan suatu karya terhadap buku Unlimited You yang berbeda-beda. Reaksi yang ditimbulkan oleh pembaca goodreads ini ada yang bersifat pro maupun kontra. Dari resepsi tersebut menjadi poin penting dalam penelitian ini. Sebab dalam buku Unlimited You ini membahas tentang motivasi Islam, dimana banyak orang yang hanya memandang hal positifnya saja. Namun, pembaca dalam situs goodreads ini terdapat resepsi yang bersifat kontra terhadap buku Unlimited You. Berdasarkan hal tersebut membuat penelitian ini dilakukan untuk mengetahui resepsi pembaca kedalam tiga posisi pemaknaan Stuart Hall.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui resepsi pembaca dalam situs goodreads terhadap nilai keislaman buku Unlimited You karya Wirda Mansur. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi pada komentar dalam situs goodreads, selanjutnya wawancara yang dilakukan dengan lima pembaca yang didapatkan dalam situs goodreads, serta menyimak hasil wawancara. Adapun dalam analisis data menggunakan model Miles & Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah posisi pembaca terhadap nilai keislaman buku Unlimited You karya Wirda Mansur ini dimaknai dengan berbagai macam resepsi atau tanggapan yang berbeda-beda. Dalam penelitian ini, dari kelima pembaca dalam situs goodreads terbagi menjadi tiga posisi. Pertama, terdapat tiga pembaca yang berada dalam posisi dominan atau sejalan dengan penulis yang membahas berbagai motivasi Islam, yang dapat memberi dorongan atau menginspirasi pembaca dalam menghadapi berbagai masalah. Kedua, terdapat dua pembaca yang berada pada posisi negosiasi atau pembaca menyatakan penerimaan makna namun juga melakukan penolakan. Dalam posisi tersebut pembaca secara umum menerima nilai keislaman dalam buku Unlimited You namun pembaca memperbaruhi sesuai minatnya. Ketiga, dalam posisi oposisi ini tidak terdapat posisi pembaca yang bersifat menolak terhadap buku Unlimited You.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembaca; Motivasi Islam; Situs Goodreads; Wirda Mansur
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 14 Oct 2023 05:11
Last Modified: 14 Oct 2023 05:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21583

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics