Kolaborasi manajemen redaksi antara radio dakwah dan radio non dakwah (umum) dalam program siaran berita kabar Kabupaten Tegal

Hidayah, Shinta Nurul (2022) Kolaborasi manajemen redaksi antara radio dakwah dan radio non dakwah (umum) dalam program siaran berita kabar Kabupaten Tegal. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of 1801026137_SHINTA_NURUL_HIDAYAH_SKRIPSI] Text (1801026137_SHINTA_NURUL_HIDAYAH_SKRIPSI)
1801026137_Shinta Nurul Hidayah_Full_Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Shinta Nurul Hidayah, 1801026137,Kolaborasi Manajemen Redaksi antara Radio Dakwah dan Radio Non Dakwah (umum) dalam Program Siaran Berita Kabar Kabupaten Tegal. Inovasi merupakan salah satu langkah untuk bergerak maju dalam suatu bidang. Begitu juga dengan inovasi yang dilakukan Forum Radio Kabupaten Tegal program siaran Kabar Kabupaten Tegal yang melakukan kolaborasi dengan seluruh radio se-Kabupaten Tegal diantaranya radio publik yaitu Radio Slawi FM, radio swasta yaitu Radio Star FM, Radio Thompson Roshinta FM, Radio Paramount FM, Radio POP FM, Radio Radar CBS FM, Radio Darusalam FM (dakwah) dan radio Komunitas dakwah yaitu Radio An-Nur FM. Kolaborasi ini merupakan inovasi baru pada penyiaran radio khususnya di wilayah Kabupaten Tegal.
Penelitian ini dilakukan pada Forum Radio Kabupaten Tegal. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kolaborasi manajemen redaksi pada Forum Radio Kabupaten Tegal. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu contoh penerapan kolaborasi manajemen redaksi pada program siaran berita yang melibatkan forum. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan wawancara dengan Ketua Forum Radio Kabupaten Tegal, pimpinan redaksi Forum Radio Kabupaten Tegal, redaktur Forum Radio Kabupaten Tegal, serta reporter Forum Radio Kabupaten Tegal. Lalu, selanjutnya pada tahap analisis data peneliti menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Penelitian ini menghasilkan temuan berupa kolaborasi manajemen redaksi pada Forum Radio Kabupaten Tegal yang merupakan inovasi baru dalam dunia penyiaran radio dengan melibatkan radio se-Kabupaten untuk berkolaborasi dalam program pemberitaan. Diantaranya adalah (1) planning (perencanaan) dilakukan melalui tiga aspek yakni pembentukan visi misi, tema, dan program berita Kabar Kabupaten Tegal secara bersama-sama oleh seluruh anggota Forum Radio Kabupaten Tegal. (2) Organizing (pengorganisasian) dilakukan pembagian posisi struktural pada seluruh anggota radio yang tergabung pada Forum Radio Kabupaten Tegal, dari mulai ketua, pimpinan redaksi, redaktur, dan reporter. (3) directing/influencing (pengarahan dan pemberian pengaruh) dilakukan oleh Forum Radio Kabupaten Tegal dalam tiga aspek yakni motivasi, komunikasi dan pelatihan, hal ini mendorong pengaktifan anggota Forum Radio Kabupaten Tegal. (4) controlling (pengendalian) dilakukan dengan mengecek ulang seluruh kegiatan yang telah direncanakan dari awal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kolaborasi; Manajemen Redaksi; Radio; Program Berita
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 070 News media, journalism, publishing
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 14 Oct 2023 05:35
Last Modified: 14 Oct 2023 05:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21585

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics