Pengaruh Mujahaddah Sholawat Ummi Tarekat Qodiriyah wa Naqsabandiyah terhadap kecerdasan spiritual di Pondok Pesantren Tahfidzul Quran An Nuriyyah Bumiayu

Labib, Ilham Mughni (2023) Pengaruh Mujahaddah Sholawat Ummi Tarekat Qodiriyah wa Naqsabandiyah terhadap kecerdasan spiritual di Pondok Pesantren Tahfidzul Quran An Nuriyyah Bumiayu. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804046099_Ilham_Mughni_Labib] Text (Skripsi_1804046099_Ilham_Mughni_Labib)
Skripsi_1804046099_Ilham_Mughni_Labib.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mujahadah sholawat ummi tarekat qodiriyyah wa naqsabandiyyah terhadap kecerdasan spiritual santri Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Annuriyyah Bumiayu. Penelitian ini menarik karena dalam konteks kehidupan masyarakat, konflik spiritual yang terjadi sangat beragam, penelitian ini mencoba menggali solusi permasalahan spiritual dari aspek interpersonal individu, diwujudkan dari mujahadah yang memiliki esensi niat, amal, khouf dan roja seta berorientasi pada dimensi spiritualitas seseorang dalam menggali kemampuan berfikir kritis, mengembangkan aspek-aspek spiritual, mampu menemukan dan menciptakan makna serta mampu mengembangkan prkatek spiritual.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, data primer berupa angket yang disebarkan kepada santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qura Annuriyyah Bumiayu dan diukur dengan skala likert. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, teknik tersebut mengambil sampel dimana anggota sampelnya dipilih karena diberikan peluang yang sama untuk tiap populasi (anggota). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana yang dibantu program SPSS 22.
Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel X (mujahadah sholawat ummi) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Y (kecerdasan spiritual). Menurut data yang diperoleh secara statistik diketahui subjek pada variabel mujahadah sholawat ummi tidak ada pada kategori rendah atau sebesar 0% , variabel mujahadah sholawat ummi terhadap kecerdasan spiritual memiliki nilai presentase sebesar 98,4%, sedangkan 1,6% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain. Misalnya dipengaruhi oleh faktor perbedaan latar belakang santri baik dari segi bahasa, ekonomi, adat dan budaya yang dapat mempengaruhi keterampilan spiritual untuk dapat mengontrol diri sendiri dan hubungan dengan orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mujahadah Sholawat Ummi; Kecerdasan Spiritual; Pondok pesantren
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 14 Oct 2023 07:38
Last Modified: 14 Oct 2023 07:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21597

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics