Local wisdom pengelolaan Pantai Indah Kemangi Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal

Purnamasari, Dyah Putri (2023) Local wisdom pengelolaan Pantai Indah Kemangi Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905026033_Dyah_Putri_Purnamasari] Text (Skripsi_1905026033_Dyah_Putri_Purnamasari)
1905026033_Dyah Putri Purnamasari_Lengkap Tugas Akhir - Dyah Putri Purnamasari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Desa memiliki potensi sebagai destinasi wisata yang berbasis komunitas dan berlandaskan pada local wisdom kultural masyarakatnya dan juga dapat sebagai pemicu peningkatan ekonomi yang berprinsip gotong royong dan berkelanjutan. Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal merupakan desa wisata berupa Pantai Indah Kemangi yang dikelola oleh BUMDes Sukodadi. Tujuan penelitian ini adalah, pertama, untuk mengetahui strategi local wisdom BUMDes Sukodadi dalam mengorganisir potensi Pantai Indah Kemangi untuk kemaslahatan Masyarakat Desa Jungsemi. Kedua, untuk mengetahui kebijakan local wisdom BUMDes Sukodadi dalam mendistribusikan keuntungannya kepada masyarakat. Ketiga, untuk mengetahui makna pengelolaan Pantai Indah Kemangi menurut masyarakat.
Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dimana penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi local wisdom BUMDes Sukodadi dalam mengelola Pantai Indah Kemangi dapat dilihat pada tradisi merdi deso. Keuntungan Pantai Indah Kemangi menjadi sumber pendapatan asli Desa Jungsemi dan sebagian disalurkan untuk beasiswa murid dan insentif pada guru madrasah. Dengan adanya distribusi keuntungan Pantai Indah Kemangi untuk keperluan pendidikan TPQ, MDA, MDW dan bisyaroh atau insentif pada guru madrasah merupakan kebiasaan yang baik yang telah berlaku di Desa Jungsemi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Local wisdom; Pantai Indah Kemangi; Kecamatan Kangkung
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:33
Last Modified: 16 Oct 2023 02:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21607

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics