Pendekatan spiritual dalam membantu penyembuhan orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) di Yayasan Pesanggrahan Rehabilitasi Nurul Majnun Kedungmutih, Demak

Nafisah, Layyinatun (2023) Pendekatan spiritual dalam membantu penyembuhan orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) di Yayasan Pesanggrahan Rehabilitasi Nurul Majnun Kedungmutih, Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1904046088_Layyinatun_Nafisah] Text (Skripsi_1904046088_Layyinatun_Nafisah)
Skripsi_1904046088_Layyinatun_Nafisah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Gangguan mental sudah tidak lagi menjadi hal yang tabu di era sekarang. Pasalnya, sudah banyak orang yang terkena gangguan mental baik itu muda maupun tua, baik dari segi ras, suku, agama, ataupun dari segi sosialnya masyarakatnya. Faktor penyebabnya terjadinya juga banyak diantaranya masalah pekerjaan, masalah keluarga, adanya rasa trauma yang cukup hebat, dan masalah-masalah lainnya yang memicu seseorang mengalami gangguan mental.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti menggali data melalui wawancara yang dilakukan secara langsung di lapangan. Analisis yang digunakan yaitu reduksi data yang mana menurut tokoh Wiradi merupakan aktivitas yang memuat sejumlah kegiatan seperti mengurai, membedakan, memilah sesuatu untuk digolongkan dan dikelompokkan kembali menurut kriteria tertentu kemudian dicari kaitannya dan ditaksir maknanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara penyembuhan yang digunakan dan kegiatan apa saja yang ada di Yayasan tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang ada di Yayasan dibimbing sampai dikatakan sembuh. Dalam Yayasan ini tidak menggunakan bantuan medis dan kimia, namun dibimbing melalui kegiatan religius dan kegiatan positif yang ada di Yayasan. Dari proses ini sudah banyak yang dikatakan sembuh menurut Yayasan dan dipulangkan kembali ke keluarganya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Gangguan mental; ODGJ; Penyembuhan spiritual
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:25
Last Modified: 16 Oct 2023 02:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21610

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics