Peran orang tua dalam upaya mengatasi tawuran remaja antar kampung di Desa Tambakrejo Kelurahan Tanjung Mas

Isyfa’Lana, Muhammad (2023) Peran orang tua dalam upaya mengatasi tawuran remaja antar kampung di Desa Tambakrejo Kelurahan Tanjung Mas. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1901016100_ Muhammad_Isyfa’Lana] Text (Skripsi_1901016100_ Muhammad_Isyfa’Lana)
Skripsi_1901016100_ Muhammad_Isyfa’Lana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Timbulnya kenakalan remaja yang terjadi pada saat ini merupakan permasalahan besar dalam lingkungan masyarakat, dimana kenakalan remaja tersebut tidak hanya merugikan diri sendiri tetapi juga merugikan orang lain. Masa remaja adalah masa yang pada masa itu sangat rentan dan mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitar. Maka yang menjadi problematika adalah ketika remaja tersebut terarah kepad ahal negatif, oleh karena itu penting sekali peran orang tua dalam menangani remaja yang tawuran.
Metode penelitian yang di gunakan adalah menggunakan metode penelitian kualitatif dengan model pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan sumber data primer dan sekunder, teknik keabsahan yaitu triagulasi sumber, triagulasi teknik dan menggunakan teknik analisis data yaitu dengan mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor dan upaya dalam menangani remaja tawuran di desa Tambak rejo.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Kondisi yang mendorong adanya tawuran remaja di Desa Tambak Rejo adalah faktor antar kampung, faktor keluarga dan faktor milleu, hal tersebut di tandai dengan adanya kondisi pencetus yaitu adanya salah paham, saling ejek, minum minuman keras dan kurangnya perhatian dari orang tua. 2) Peran orang tua dalam mengatasi tawuran remaja antar kampung di Desa Tambak Rejo, terdapat beberapa upaya yaitu orang tua sebagai pendidik, orang tua sebagai pelindung, orang tua sebagai pengarah, orang tua sebagai penasehat dan orang tua sebagai penanggung jawab. Dalam proses tersebut dapat terlihat dari penanaman nilai keluarga yaitu berdasarkan penanaman nilai-nilai keagamaan dan penanaman nilai-nilai sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Remaja; Tawuran; Peran orang tua
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
300 Social sciences > 306 Culture and institutions
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:01
Last Modified: 16 Oct 2023 03:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21613

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics