Legalitas kelembagaan Tokopedia dan implikasinya dalam praktik wakaf uang

Lestari, Rahma Puji (2022) Legalitas kelembagaan Tokopedia dan implikasinya dalam praktik wakaf uang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802016029_Rahma_Puji_Lestari] Text (Skripsi_1802016029_Rahma_Puji_Lestari)
Skripsi_1802016029_Rahma_Puji_Lestari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Tokopedia sebagai e-commerce terbaik di Indonesia tidak hanya menyediakan layanan jual beli, tetapi juga menyediakan layanan wakaf uang. Perlu diperhatikan bahwa secara kelembagagaan yang berhak menerima setoran wakaf uang dari wakif adalah Lembaga Keuangan Syariah dan Penerima Wakaf Uang (LKS PWU) yang telah mendapatkan izin dari Menteri Agama. Selain itu praktik wakaf uang secara online juga harus memenuhi rukun dan syarat wakaf yang telah dirumuskan oleh para ulama dan peraturan perundang-undangan. Berdasarkan hal tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai: (1) Bagaimana legalitas kelembagaan Tokopedia dalam praktik wakaf uang. (2) Bagaimana praktik wakaf uang di aplikasi Tokopedia perspektif hukum Islam?
Jenis penelitian yang penulis gunakan yaitu jenis penelitian hukum normatif empiris. Dimana penelitian ini mengkaji implementasi dari aturan wakaf yang telah ada baik dalam peraturan perundang-undangan maupun dalam fikih. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang penulis gunakan adalah deskriptif dengan memilah data yang telah dikumpulkan, menyajikan data dan menganalisisnya untuk mengetahui legalitas Tokopedia dalam menerima setoran wakaf uang dan hukum praktik wakfau uang di Tokopedia.
Hasil Analisis dan penelitian penulis mengungkapkan bahwa: (1) Ditinjau dari regulasi yang berlaku terkait penerimaan setoran wakaf uang harus melalui Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS PWU). Sementara Tokopedia tidak dikategorikan sebagai LKS PWU. maka Tokopedia tidak legal sebagai penerima setoran wakaf uang dari wakif. (2) Apabila mengacu pada rukun dan syarat wakaf menurut jumhur ulama, maka terdapat rukun dan syarat yang belum terpenuhi secara sempurna. Tetapi menurut pendapat mazhab Hanafi yang menyatakan bahwa rukun wakaf hanyalah sighat, maka rukun dan syarat wakaf pada praktik wakaf uang melalui Tokopedia telah terpenuhi secara sempurna. Sehingga menurut penulis pelaksanaan praktik wakaf uang secara online di Tokopedia boleh dan sah untuk dilaksanakan. Apabila ditinjau dari sisi mashlahah mursalah praktik wakaf uang melalui Tokopedia tidak dilarangan oleh syara’ dan terdapat mashlahat. Praktik wakaf uang melalui Tokopedia masuk dalam tingkatan mashlahat hajyat. Melalui sistem online yang disediakan Tokopedia memberikan kemudahan bagi wakif, nazhir, serta mauquf ‘alaih.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Legalitas Kelembagaan; Tokopedia; Wakaf uang
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Oct 2023 09:18
Last Modified: 16 Oct 2023 09:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21634

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics