Pemberdayaan masyarakat melalui Program Kesejahteraan Masyarakat oleh Yayasan Masjid dan Makam Sunan Muria Kudus

Sudur, Misbakhus (2023) Pemberdayaan masyarakat melalui Program Kesejahteraan Masyarakat oleh Yayasan Masjid dan Makam Sunan Muria Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601046013_MISBAKHUS_SUDUR] Text (SKRIPSI_1601046013_MISBAKHUS_SUDUR)
1601046013_Misbakhus Sudur_Full Skripsi - Sudur Misbah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Judul : Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Kesejahteraan Masyarakat Oleh Yayasan Masjid dan Makam Sunan Muria Kudus
Nama : Misbakhus Sudur
NIM : 1601046013
Pemberdayaan masyarakat menjadi hal yang sangat penting dalam memajukan umat Islam, oleh karena itu penyelenggaraan dakwah tidak akan berhasil kalau hanya dilakukan oleh orang-seorang dan sambil lalu saja, tetapi harus diselenggarakan melalui pola kerjasama dalam kesatuan-kesatuan yang teratur rapi melalui program pemberdayaan umat, sebagaimana yang dilakukan oleh Yayasan Masjid dan Makam Sunan Muria yang mempunyai peran yang begitu penting bagi masyarakat Desa Colo. Sebelum adanya program yang terkait dengan pemberdayaan, kondisi masyarakat Desa Colo masih kurang terberdayakan dalam berbagai bidang kehidupan. Namun, setelah adanya program terkait pemberdayaan yang semakin tahun semakin kompleks. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi pemberdayaan masyarakat melalui program kesejahteraan masyarakat oleh Yayasan masjid dan makam Sunan Muria Kudus?. 2) Bagaimana hasil pemberdayaan masyarakat melalui program kesejahteraan masyarakat oleh Yayasan masjid dan makam Sunan Muria Kudus?
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan fenomenologi. Data di peroleh dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan analisis data deskriptif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Implementasi pemberdayaan masyarakat melalui program kesejahteraan masyarakat oleh Yayasan masjid dan makam Sunan Muria Kudus dilakukan melalui pertama proses perencanaan dengan penentuan langkah-langkah termasuk didalamnya penganggaran dan penjadwalan untuk mempersiapkan pelaksanaan kegiatan dalam pencapaian tujuan, kedua pengorganisasian dengan pembagian tugas menjadi lebih rinci dan pengelompokkan kerja yang berbeda-beda sesuai dengan tugas dan kewajiban setiap organ yayasan. Tindakan ini dilakukan agar anggota dalam yayasan dapat bekerja dengan baik dan memiliki rasa kerjasama serta tanggung jawab, ketiga pelaksanaan dengan menggerakkan dan melaksanakan rencana telah disusun dalam strategi pemberdayaan di atas, yang mengarah pada berbagai program diantaranya: program peningkatan pemahaman spiritual keagamaan, progam bantuan ekonomi rumah tangga, progam bantuan simpan pinjam, progam bantuan kelembagaan, progam pembinaan dan pelatihan, keempat evaluasi dan pengawasan yang dilakukan oleh Dewan Pengawas dengan cara langsung dimana yayasan melakukan pengamatan terhadap berjalannya kegiatan dan pemeriksaan secara berkala terhadap laporan-laporan pertanggung jawaban yang dilaporkan setiap rapat bulanan dan tahunan, pengawasan juga dilakukan secara tidak langsung dengan melakukan pemeriksaan dokumen, pemeriksaan pembukuan dan pencocokan dengan uang kas, selain itu pengurus dan non pengurus dapat memberi saran, masukan dan kritikan bagi yang lain.2) Hasil dari pemberdayaan masyarakat dengan adanya adanya program kesejahteraan masyarakat oleh yayasan masjid dan Makam Sunan Muria Kudus mampu menjadikan kehidupan masyarakat menjadi tertata dengan sistematis dalam mewujudkan kesejahteraannya, melalui program peningkatan pemahaman spiritual keagamaan masyarakat. Tingkat kesejahteraan masyarakat meningkat dapat dilihat dari meningkatnya pendapatan, kepemilikan aset dan dapat terpenuhinya kebutuhan sandang, pangan, papan, pendidikan dan kebutuhan tambahan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Program Kesejahteraan Masyarakat;
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 15 Nov 2023 10:23
Last Modified: 15 Nov 2023 10:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21654

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics