Peran Perkumpulan Keluarga Bani Abdullah Mudzakir (PKBM) dalam pemberdayaan masyarakat melalui wisata religi di Makam Syekh Abdullah Mudzakir Desa Bedono Kecamatan Sayung Kabupaten Demak : studi pada wisata religi Makam Syekh Abdullah Mudzakir

Aisyah, Aisyah (2023) Peran Perkumpulan Keluarga Bani Abdullah Mudzakir (PKBM) dalam pemberdayaan masyarakat melalui wisata religi di Makam Syekh Abdullah Mudzakir Desa Bedono Kecamatan Sayung Kabupaten Demak : studi pada wisata religi Makam Syekh Abdullah Mudzakir. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_160104610_AISYAH] Text (SKRIPSI_160104610_AISYAH)
1601046021_AISYAH_TUGAS AKHIR - Bang Malik.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Nama: Aisyah (1601046021), “Peran Perkumpulan Keluarga Bani Abdullah Mudzakir (Pkbam) Dala Pemberdayaan Masyarakat Melalui Wisata Religi Di Makam Syekh Abdullah Mudzakir Desa Bedono Kecamatan Sayung Kabupaten Demak (Studi Pada Wisata Religi Makam Syekh Abdullah Mudzakir)”
Demak sebagai kota wali terdapat makam waliyullah yang sering dikunjungi sebagai wisata religi yaitu makam Syeikh Abdullah Mudzakir di Desa Bedono Sayung Demak yang saat ini dikelola oleh Perkumpulan Keluarga Bani Mbah Abdullah Mudzakir (PKBAM). Makam Syeikh Abdullah Mudzakir banyak dikunjungi, karena selain makamnya yang di tengah laut, Syeikh Abdullah Mudzakir juga merupakan keturuan Sunan Kalijogo. Untuk mengembangkan objek wisata tersebut, PKBAM mengajak masyarakat turut serta dalam mengelola wisata makam, sehingga masyarakat juga bisa merasakan dampak dengan adanya wisata tersebut yaitu berupa peningkatan perekonomian. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana peran dan apa saja faktor pendukung serta penghambat PKBAM dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat di wisata religi Syekh Abdullah Mudzakir Desa Bedono Kecamatan Sayung Kabupaten Demak? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dan apa saja faktor pendukung serta penghambat PKBAM dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat di wisata religi Syekh Abdullah Mudzakir Desa Bedono Kecamatan Sayung Kabupaten Demak.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan ialah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah metode triangulasi teori dan sumber data. Analisis data dilakukan dengan tiga tahap yaitu reduksi data, display data dan konklusi dan verifikasi.
Hasil dari penelitian menyimpulkan peran PKBAM dalam melakukan pemberdayaan ekonomi melalui pengembangan wisata religi makam Syekh Mudzakir meliputi empat pernanan yaitu 1) Peran Fasilitatif, berupa penyediaan lahan parkir, mengakomodasi lapak berdagang dan menyediakan ojek perahu menuju makam yang. 2) Peran edukasi, meliputi musyawarah bersama masyarakat dan edukasi melalui kegiatan ziarah dan keagamaan. 3) Peran perwakilan, menjalin kerjasama dengan pemerintah desa, lembaga keamanan dan organisasi masyarakat setempat. 4) Peran teknis, meliputi membangun fasilitas makam dan membantu biaya kecelakaan. Adapun faktor pendorong dalam pemberdayaan ekonomi warga desa Bedono melalui pengembangan wisata religi makam Syekh Mudzakir antara lain 1) Adanya partisipasi masyarakat, 2) Kebijakan oleh pemerintah Desa dan 3) Tingginya budaya ziarah masyarakat. Sedangkan faktor penghambat antara lain, 1) Kurangnya kerjasama dengan lembaga terkait, 2) Kurangnya anggaran dan 3) Infrastruktur yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi; Wisata Religi; Pemberdayaan Masyarakat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 16 Nov 2023 04:18
Last Modified: 16 Nov 2023 04:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21656

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics