Analisis pricing strategy dalam meningkatkan minat calon jemaah di PT. Al Fairus Tours Permata Mulia Kota Pekalongan

Aulia, Nafri (2022) Analisis pricing strategy dalam meningkatkan minat calon jemaah di PT. Al Fairus Tours Permata Mulia Kota Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1801056041_Nafri Aulia_Lengkap] Text (Skripsi_1801056041_Nafri Aulia_Lengkap)
Skripsi_1801056041_Nafri Aulia_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Studi ini lahir sebagai respon terhadap animo masyarakat yang sangat tinggi terhadap ibadah umroh melahirkan ide bisnis di bidang tour travel umroh, tercatat sebanyak 200 Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) yang terdaftar dan tersebar di seluruh Indonesia. Fakta ini turut memberikan sinyal akan ketatnya persaingan dalam mendaptkan minat calon jemaah, disisi lain kecenderungan terhadap harga murah menjadi tantangan yang beresiko bagai boomerang bagi biro umroh itu sendiri karna dituntut mampu menyelaraskan antara minat jemaah dengan tujuan perusahaan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pricing strategy dalam meningkatkan minat calon jemaah di PT. Alfairus Tours Permata Mulia Kota Pekalongan. Guna mendapatkan data, penelitian ini jenis lapangan, menggunakan metode kualitatif, didukung dengan teknik pengumpulan data wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di PT. Alfairus Tours Permata Mulia Kota Pekalongan dengan subjek utamanya Pemilik PT. Alfairus Tours Permata Mulia Kota Pekalongan serta sumber pendukung adalah Jemaah yang telah berhasil ditingkatkan minatnya oleh PT. Alfairus Tours Permata Mulia Kota Pekalongan. Guna menjamin keandalan dan keterpercayaan data, digunakan teknik triangulasi sumber. Data selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis model Milles dan Huberman melalui empat tahap yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan uji keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukkan PT. Alfairus Tours Permata Mulia Kota Pekalongan menggunakan 3 pricing strategy yakni strategy berdasarkan biaya, nilai dan persaingan, namun strategy yang paling ditonjolkan adalah strategy berdasarkan nilai karna mengutamakan kenyamanan dan kesempurnaan ibadah jemaah. Startegy berdasarkan nilai tersebut diwujudkan melalui kualitas jasa layanan yang memuaskan, hal ini dibuktikan berdasarkan hasil wawancara jemaah PT. Alfairus Tours Permata Mulia Kota Pekalongan yang peningkatan minatnya sesuai dengan indikator minat yakni kognitif (pengetahuan) jemaah mengetahui dan pemahaman calon jemaah tertarik pada penawaran harga dan jasa yang ditawarkan karna variatif dan terjangkau, afektif (evaluasi) calon jemaah memastikan dan mengevaluasi kecocokkan akan kebutuhan dan keinginanya terhadap penawaran yang dimiliki PT. Alfairus Tours Permata Mulia Kota Pekalongan, terakhir konatif (keyakinan penuh) calon jemaah merasa yakin setelah mendapatkan penjelasan detail mengenai harga dan jasa yang akan diterima sehingga berhasil menentukan pilihannya. Berdasarkan indikator dan ulasan positif dari para jemaah, PT. Alfairus Tours Permata Mulia Kota Pekalongan berhasil menetapkan Pricing Strategy dalam meningkatkan minat calon jemaah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Minat; Calon jemaah; PT. Al Fairus Tours Permata
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.31 Pillars of Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 76201 - Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 17 Oct 2023 06:55
Last Modified: 17 Oct 2023 06:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21662

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics