Tinjauan hukum Islam terhadap pemenuhan hak dan kewajiban keluarga nelayan Purse Seine di Bajomulyo Juwana Pati

Ubaidillah, Sa'ad (2023) Tinjauan hukum Islam terhadap pemenuhan hak dan kewajiban keluarga nelayan Purse Seine di Bajomulyo Juwana Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802016083_Sa'ad_Ubaidillah] Text (Skripsi_1802016083_Sa'ad_Ubaidillah)
Skripsi_1802016083_Sa'ad_Ubaidillah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Keluarga yang harmonis merupakan cita-cita setiap pasangan dengan terpenuhinya setiap hak dan tertunaikannya kewajiban masing-masing namun kondisi ini tidak bisa dirasakan oleh para keluarga nelayan Purse Seine yang suaminya yang sebagai tulang punggung keluarga harus meninggalkan rumah sampai berbulan-bulan. Sehingga hak dan kewajiban suami istri tidak bisa dilaksanakan sebagaimana keluarga yang tinggal bersama pada umumnya, ayah juga tidak bisa maksimal dalam mengawasi anak-anak karena itu, penelitian ini akan membahas: 1) bagaimana pelaksanaan pemenuhan hak dan kewajiban suami istri oleh keluarga nelayan Purse Seine di Bajomulyo Juwana Pati? 2) bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pemenuhan hak dan kewajiban keluarga nelayan Pure Seine di Bajomulyo Juwana Pati? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan normatif-empiris.Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan Conclusion Drawing/verification.Data primer dalam penelitian ini berupa data nelayan Purse Seine di Desa Bajomulyo Juwana Pati sebanyak 236 KK sedangkan data skunder dalam penelitian ini meliputi sumber hukum primer, sumber hukum skunder dan sumber hukum tersier. Teknik analisis data dalam penelitian ini yakni ipaya yang dilakukan dengan jalan bekerja dengan data, mengorganisasikan data, memilah-milahnya menjadi satuan yang dapat dikelola, mensistesiskanya, mencari dan menemukan pola, menemukan apa yang penting dan apa yang dipelajari, dan memutuskan apa yang dapat diceritakan kepada orang lain.
Hasil penelitian menunjukkan dua hal sebagai berikut: pertama, pelaksanaan pemenuhan hak dan kewajiban suami istri oleh keluarga nelayan Purse Seine di Bajomulyo Juwana Pati meliputi: pemberian nafkah, mahar, memperlakukan dan menjaga pasangan dengan baik, melindungi dan menjaga nama baik keluarga, tanggung jawab dalam mendidik pasangan, saling mencintai, merawat anak dengan baik, memberikan hak-hak anak dan hak-hak saling waris mewarisi. Kedua, pemenuhan hak dan kewajiban keluarga nelayan Purse Seine di Bajomulyo Juwana Pati menurut hukum Islam sudah dapat terpenuhi dan sesuai dengan prinsip-prinsip hukum Islam, namun ada pemenuhan hak yang kurang maksimal karena kepala keluarga tidak berada dirumah dalam waktu yang lama setiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hak dan kewajiban; Keluarga nelayan; Purse seine; Hukum keluarga
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 17 Oct 2023 07:24
Last Modified: 17 Oct 2023 07:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21669

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics