Pandangan Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy mengenai ayat-ayat haji dalam Tafsir An-Nur

Astuti, Febrianti (2023) Pandangan Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy mengenai ayat-ayat haji dalam Tafsir An-Nur. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1901056016_Febrianti Astuti_Lengkap] Text (Skripsi_1901056016_Febrianti Astuti_Lengkap)
Skripsi_1901056016_Febrianti Astuti_Lengkapp.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Febrianti Astuti (1901056016), Judul Pandangan Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy Mengenai Ayat-ayat Haji dalam Tafsir An-Nur
Tafsir menurut Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy adalah proses menafsirkan dan menjelaskan makna ayat-ayat Al-Qur’an. Hasbi percaya bahwa tidak cukup hanya membaca dan melafalkan kitab suci, tetapi juga memahami ajarannya dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tafsir ayat-ayat haji menjadi rujukan tuntunan pelaksanaan ibadah bagi jamaah haji. Menurut Hasbi tafsir ayat haji mengandung makna penting bagi pemahaman jamaah haji dalam melaksanakan ibadah haji.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana pandangan Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy mengenai ayat-ayat haji dalam tafsir An-Nur. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan pendekatan studi literatur. Data diperoleh dengan teknik metode historis. Analisis data menggunakan metode tahlili (analisis).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pandangan Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy mengenai ayat-ayat haji dalam tafsir An-Nur dengan pandangan beberapa tafsir menunjukkan bahwa penafsiran mereka ternyata tidak jauh berbeda, yang membedakan dari tafsir ini dan tafsir lain hanyalah gaya bahasanya. Tafsir An-Nuir meiruipakan peinafsiran yang paling baik diantara tafsiran beibeirapa peinafsir di dalam peineilitian ini, hal ini dikareinakan seilain meinafsirkan Al-Quir’an deingan Al-Quir’an tidak seirta meirta meinafsirkannya deingan keiheindak seindiri, teitapi ada banyak meitodei-meitodei yang meimbantuinya. Oleih kareina itui, meingguinakan tafsir An-Nuir leibih aman dalam peimahamannya dan tidak keiluiar dari syariat-syariat Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasbi Ash-Shiddieqy; Haji; Tafsir An-Nur
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1226 Interpretation and Criticism
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 76201 - Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 17 Oct 2023 08:15
Last Modified: 17 Oct 2023 08:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21675

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics