Rekrutmen ketua kloter jemaah haji tahun 2022 pada Kantor Kementerian Agama Kota Semarang

Bayuseta, Erza Pramudya (2023) Rekrutmen ketua kloter jemaah haji tahun 2022 pada Kantor Kementerian Agama Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1901056030_Erza Pramudya Bayuseta_Lengkap] Text (Skripsi_1901056030_Erza Pramudya Bayuseta_Lengkap)
Skripsi_1901056030_Erza Pramudya Bayuseta_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Erza Pramudya Bayuseta dengan judul Rekrutmen Ketua Kloter Jemaah Haji Tahun 2022 Pada Kantor Kementerian Agama Kota Semarang.
Penelitian ini memfokuskan pada permasalahan munculnya isu negatif mengenai proses rekrutmen yang telah dilakukan, serta terkait kinerja dan profesionalitas petugas haji selama bertugas. Hal tersebut menjadikan penulis ingin mengkaji tentang rekrutmen petugas ketua kloter jemaah haji tahun 2022 pada Kantor Kementerian Agama Kota Semarang.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang rekrutmen petugas ketua kloter jemaah haji tahun 2022 pada Kantor Kementerian Agama Kota Semarang. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif berjenis lapangan (field reseacrh), dengan pendekatan fenomenologi. Data diperoleh dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menjaga kredibilitas dan keabsahan data digunakan triangulasi sumber dan teknik. Data primer berasal dari hasil wawancara Ketua Kloter, Pembimbing Ibadah Haji, Kasi PHU Kantor Kementerian Agama Kota Semarang dan dokumen rekrutmen petugas haji tahun 2022. Sedangkan data sekundernya berasal dari dokumen, arsip, dan foto pada kegiatan rekrutmen petugas haji ditahun 2022. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rekrutmen ketua kloter dimulai dari seleksi tingkat Kementerian Agama Kabupaten/Kota, setelah lolos seleksi di tingkat Kabupaten/Kota dilanjutkan seleksi tingkat Provinsi dan Pusat, dengan tahap seleksi yang mana seleksi ini meliputi, seleksi tahap pertama yaitu administrasi dan Computer Assisted Test (CAT) tingkat kabupaten/kota, selanjutnya seleksi tahap kedua yaitu Computer Assisted Test (CAT) tingkat Provinsi dan seleksi wawancara. Dengan pedoman dan petunjuk teknis rekrutmen ketua kloter Kementerian Agama Kota Semarang yang sudah diatur dalam Surat Keputusan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pedoman Rekrutmen Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Rekrutmen Petugas Penyelenggara Ibadah Haji. Rekrutmen Ketua Kloter Jemaah Haji Indonesia tahun 2022 pada Kantor Kementerian Agama Kota Semarang telah berjalan sesuai prosedur, dengan syarat serta kriteria, tahapan dan metode rekrutmen yang sudah diatur dalam surat yang telah dikeluarkan dari Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah tanpa adanya kecurangan ataupun praktik nepotisme.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Rekrutmen; Petugas haji; Ketua kloter
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.31 Pillars of Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 76201 - Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 18 Oct 2023 02:35
Last Modified: 18 Oct 2023 02:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21693

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics