Fenomena childfree marriage dalam Indonesia Childfree Community di Indonesia perspektif hukum Islam

Choiriyah, Mustofidatul (2022) Fenomena childfree marriage dalam Indonesia Childfree Community di Indonesia perspektif hukum Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802016138_Mustofidatul_Choiriyah] Text (Skripsi_1802016138_Mustofidatul_Choiriyah)
Skripsi_1802016138_Mustofidatul_Choiriyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Childfree marriage merupakan suatu fenomena yang muncul kembali di tengah masyarakat Indonesia. Fenomena ini menyebar dengan cepat karena pernyataan seorang publik figur yaitu Gita Savitri, yang menyatakan bahwa dirinya dan suaminya memutuskan untuk childfree marriage. Sebagai negara dengan mayoritas beragama Islam fenomena childfree marriage menimbulkan pro dan kontra dalam masyarakat, karena dianggap sebagai keputusan yang bertentangan dengan tujuan perkawinan dalam agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan-alasan yang melatarbelakangi pasangan suami istri memutuskan untuk childfree marriage dalam Indonesia Childfree Community di Indonesia. Serta bagaimana pandangan hukum Islam terhadap fenomena childfree marriage di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian non-doktrinal dan pendekatan penelitian fenomenologi dengan sampel penelitian pasangan suami istri yang menganut childfree marriage dalam Indonesia Childfree Community di Indonesia. Hasil dari penelitian ini terdapat 23 alasan yang melatarbelakangi pasangan suami istri yang memutuskan untuk childfree marriage. Dalam pandangan hukum Islam terdapat dua pendapat hukum terkait childfree marriage yaitu haram dan mubah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Childfree Marriage; Perkawinan; Hukum Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 18 Oct 2023 02:50
Last Modified: 18 Oct 2023 02:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21697

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics