Motivasi peserta dalam mengikuti sertifikasi pembimbing manasik haji profesional angkatan X tahun 2022

Adlina, Shifa Nurhalisha (2023) Motivasi peserta dalam mengikuti sertifikasi pembimbing manasik haji profesional angkatan X tahun 2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1901056038_Shifa Nurhalisha Adlina_Lengkap] Text (Skripsi_1901056038_Shifa Nurhalisha Adlina_Lengkap)
Skripsi_1901056038_Shifa Nurhalisha Adlina_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Shifa Nurhalisha (1901056038), Judul Motivasi Peserta Dalam Mengikuti Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Profesional Angkatan X Tahun 2022 Pati
Penelitian ini dilatarbelakangin adanya amanat undang-undang no 8 tahun 2019 tentang penyelenggaraan ibadah haji. Undang-undang ini menjelaskan bahwa tujuan penyelenggaraan haji yaitu memberikan pembinaan,pelayanan dan perlindungan yang sebaik-baiknya untuk para jamaah haji sehingga jamaah haji dapat menunaikan ibadah sesuai dengan ketentuan ajaran agama Islam. Undang-undang tersebut juga menjadi syarat administratif sebagai seorang Pembimbing Manasik Haji Profesional.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa motivasi peserta sertifikasi bimbingan manasik haji professional angkatan X tahun 2022 Pati dalam mengikuti kegiatan Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Profesional angkatan X Tahun 2022 Pati. Guna mendapatkan data, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data berupa penyebaran angket yang didukung dengan wawancara menggunakan teknik snowball. Penelitian ini dilakukan pada 86 peserta Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Profesional Angkatan X Tahun 2022 Pati. Metode analisis yang digunakan yakni metode Miles and Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukan sudah terdapat motivasi pada para peserta Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Profesional Angkatan X Tahun 2022 Pati FDK UIN Walisongo Semarang dalam faktor intrinsik ditunjukan seperti dengan adanya keinginan atau cita-cita untuk menjadi pembimbing haji professional yang artinya memang benar ingin mengasah kemampuan diri dan dalam faktor ekstrinsik dapat ditunjukan seperti adanya dorongan dan kebutuhan yang mana para peserta Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Profesional Angkatan X Tahun 2022 Pati FDK UIN Walisongo Semarang terdorong untuk mengikuti kegiatan sertifikasi pembimbing manasik haji profesional untuk memenuhi persyaratan kementrian agama agar mendapatkan sebuah sertifikat pembimbing manasik haji professional, selain itu adanya dorongan dan kebutuhan yang lain seperti para panitia yang hanya memenuhi kebutuhan pengisian kouta sertifikasi untuk memenuhi kouta kegiatan Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Profesional Angkatan X Tahun 2022 FDK UIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi; Sertifikasi; Pembimbing manasik haji; Profesional
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.31 Pillars of Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 76201 - Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 18 Oct 2023 02:53
Last Modified: 18 Oct 2023 02:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21698

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics