Peran Usaha Mikro Kecil Menengah Mitra Tali Mandiri dalam pemberdayaan masyarakat di Desa Kubangwungu Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes

Muafif, Imam (2023) Peran Usaha Mikro Kecil Menengah Mitra Tali Mandiri dalam pemberdayaan masyarakat di Desa Kubangwungu Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_NIM1601046045_IMAM_MUAFIF] Text (SKRIPSI_NIM1601046045_IMAM_MUAFIF)
1601046045_IMAM MUAFIF_TUGAS AKHIR - Imam M.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Mitra Tali Mandiri Dalam Pemberdayaan Masyarakat di Desa kubangwungu kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes.
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berdasarkan Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 pasal 3 disebutkan bahwa usaha mikro bertujuan menumbuhkan dan mengembangkan usahanya dalam rangka membangun perekonomian nasional berdasarkan ekonomi yang berkeadilan. Dengan adanya UMKM diharapkan bisa memberikan solusi akan masalah kemiskinan di Indonesia.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana peran yang dilakukan oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Mitra Tali Mandiri dalam pemberdayaan Masyarakat yang ada di Desa Kubangwungu Kecamatan Brebes, 2. Bagaimana hasil pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh UMKM Mitra Tali Mandiri di Desa Kubangwungu Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes. Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana peran yang dilakukan oleh UMKM Mitra Tali Mandiri dalam pemberdayaan dan bagaimana hasil dari Pemberdayaan tersebut.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Informasi yang didapatkan dari penelitian ini memerlukan beberapa metode pengumpulan data, yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilanjutkan dengan reduksi data, penyajian data dan kemudian verivikasi data.
Temuan dari penelitian ini menunjukan bahwa peran yang dilakukaan Oleh UMKM Mitra Tali Mandiri ini membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar dan juga terdapat pelatihan untuk masyarakat dan hasil dari peran UMKM Mitra Tali Mandiri sendiri masyarakt bisa bekerja disitu dan bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-seharinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM); Mitra Tali Mandiri; Pemberdayaan Masyarakat
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.5 Production management (Manajemen produksi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 16 Nov 2023 08:41
Last Modified: 16 Nov 2023 08:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21700

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics