Pengembangan ekonomi keluarga berbasis potensi lokal : studi pada Komunitas Rumah Pisang Blora di Desa Jepangrejo Kecamatan Blora Kabupaten Blora

Susanto, Aris Budi (2023) Pengembangan ekonomi keluarga berbasis potensi lokal : studi pada Komunitas Rumah Pisang Blora di Desa Jepangrejo Kecamatan Blora Kabupaten Blora. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601046047_ARIS_BUDI_SUSANTO] Text (SKRIPSI_1601046047_ARIS_BUDI_SUSANTO)
1601046047_Aris Budi_Skripsi Lengkap - Meitantei Conan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Aris Budi Susanto (1601046047) Pengembangan Ekonomi Keluarga Berbasis Potensi Lokal (Studi Pada Komunitas Rumah Pisang Blora di Desa Jepangrejo Kecamatan Blora Kabupaten Blora)
Pengembangan dalam bidang pengelolaan potensi lokal tampaknya sudah merambah di berbagai daerah yang berada dipedesaan, Potensi Lokal adalah kekayaan alam, budaya dan SDM pada suatu daerah. Potensi alam di suatu daerah bergantung pada kondisi geografis, iklim dan bentang alam daerah tersebut. Kondisi alam yang berbeda tersebut menyebabkan perbedaan dan ciri khas potensi lokal setiap wilayah Komunitas Rumah Pisang Blora sudah melakukan pengembangan potensi lokal tersebut dengan melibatkan warga masyarakat disekitar. Rumusan Masalah Penelitian ini: (1). Bagaimana Proses pengembangan ekonomi keluarga yang dilakukan oleh Komunitas Rumah Pisang Blora di desa Jepangrejo Kecamatan Blora Kabupaten Blora, (2). Bagaimana Hasil pengembangan ekonomi keluaraga yang dilakukan oleh Komunitas Rumah Pisang Blora di desa Jepangrejo Kecamatan Blora Kabupaten Blora.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Proses pengembangan ekonomi keluarga yang dilakukan oleh Komunitas Rumah Pisang Blora di desa Jepangrejo Kecamatan Blora Kabupaten Blora dan untuk mengetahui Hasil pengembagan ekonomi Keluarga yang dilakukan oleh Komunitas Rumah Pisang Blora di desa Jepangrejo Kecamatan Blora Kabupaten Blora. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan diskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah Komunitas Rumah Pisang Blora telah melakukan beberapa proses pengembangan ekonomi keluarga berbasis potensi lokal pengolahan pohon pisang menjadi keripik. Pengembangan tersebut melalui beberapa proses dan tahapan yaitu, tahap pemaparan masalah, tahap analisis masalah, tahap penentuan tujuan, tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan kegiatan. Hasil penelitian ini juga menunjukan keberhasilan pengembangan potensi lokal dengan indikator-indikator keberdayaan masyarakat sebagai berikut, masyarakat atau anggota Komunitas meningkat dalam perekonomian, meningkatnya kemandirian Komunitas Rumah Pisang Blora, meningkatnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, meningkatnya kualitas sumber daya manusia (SDM)

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Ekonomi Keluarga; Potensi Lokal; Komunitas Rumah Pisang Blora
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 16 Nov 2023 08:49
Last Modified: 16 Nov 2023 08:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21703

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics