Pandangan Prof Hamka mengenai haji dalam Tafsir Al-Azhar

Maftukha, Reza Maulida (2023) Pandangan Prof Hamka mengenai haji dalam Tafsir Al-Azhar. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1901056052_Reza Maulida Maftukha_Lengkap] Text (Skripsi_1901056052_Reza Maulida Maftukha_Lengkap)
Skripsi_1901056052_Reza Maulida Maftukha_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Reza Maulida Maftukha skripsi dengan judul “Pandangan Prof.Hamka Mengenai Haji Dalam Tafsir Al-Azhar”

Al-qur’an merupakan kitab suci serta petunjuk bagi umat muslim guna menuntun pada jalan yang lurus dan benar. Didalam Al-qur’an terdapat isi kandungan yang sangat jelas serta mempunyai bahasa yang sangat indah yang dapat dipahami. Dengan lahirnya sebuah tafsir al-qur’an didalamnya menuangkan pemikiran para ulama mengenai isi pesan al-qur’an dengan gaya bahasa yang lebih mudah dipahami. Salah satu ulama besar yang telah melahirkan sebuah tafsir al-qur’an ialah Prof. Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah.
Dari sekian banyak karya tangan seorang Prof. Hamka salah satunya ialah Tafsir al-Azhar. Hamka ialah salah satu dari sekian banyak mufassir yang menafsirkan kitab suci al-qur’an agar menghasilkan sebuah karya yang dapat memecahkan sebuah permasalahan. Banyak peneliti yang meneliti mengenai pandangan seorang Hamka dalam berbagai aspek, seperti halnya penelitian yang sedang di bahas. Berdasarkan pembahasan yang telah dipaparkan pada latar belakang tersebut, tetapi sampai sekarang ini belum ada yang melakukan penelitian mengenai pandangan Prof. hamka ngenai haji dalam tafsir Al-Azhar, sehingga dari inti inilah peneliti merasa karya tersebut menjadi sebuah bahan kajian dari penelitian.
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pandangan Prof. Hamka mengenai haji dalam tafsir al-Azhar. Metode yang digunakan peneliti yakni kualitatif (library research). Data primer berasal dari buku Tafsir Al-Azhar. Data sekunder berasal dari dokumen, buku, yang berkaitan dengan tema yang sedang di teliti. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif-analitik. dengan mengurai segala aspek yang terdapat diidalam penafsiran ayat-ayat tersebut deingan meineirangkan makna yang terkandung didalamnya sesuai dengan data yang didapatkan lalu melakukan analisis.
Hasil dari penelitian ini ialah bahwa haji menurut Prof. Hamka Untuk mengerjakan haji meinurut Hamka merupakan sebuah perjuangan karena untuk bisa mewujudkan mengerjakan ibadah haji kita harus mengorbankan tenaga seirta harta. Disamping perjuangan yang dilakukan guna bisa meingerjakan iibadah haji, akan mendapatkan balasan sebuah kenikmatan saat mengerjakan ibadah haji. Dalam syi’arnya telah dijelaskan bahwa saat berada di rumah Allah perbanyaklah berzikir serta memohon ampunlah kepada Allat swt atas apa yang telah kamu buat, kareina sesungguhnya Allah maha peingampun. Mengerjakan ibadah haji bukan hanya untuk meindapatkan panggilan hj ataupun hajjah, tetapi untuk mendekatkan diri keipada Allah seirta menyempurnakan rukun islam yang kelima. Mengerjakan haji dengan keikhlasan jiwa diharapkan menjadi haji yang mabrur. Menjadi Haji yang mabrur telah mengerjakan wajib serta syarat haji yang teilah dijelaskan oleih Rasulullah SAW, karena beliaulah yang dijadikan oleh Allah sebagai peinuntun dalam beribadah kepadaNya

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prof. Hamka; Haji; Tafsir Al-Azhar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1226 Interpretation and Criticism
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 76201 - Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 18 Oct 2023 06:56
Last Modified: 18 Oct 2023 06:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21709

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics