Peran Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) berkah mandiri dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui Desa Wisata Adiluhur di Desa Adiluhur Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen

Anggraeni, Dewinta (2023) Peran Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) berkah mandiri dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui Desa Wisata Adiluhur di Desa Adiluhur Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_1701046009_DEWINTA_ANGGRAENI] Text (SKRIPSI_1701046009_DEWINTA_ANGGRAENI)
1701046009_Dewinta Anggraeni_Full Tugas Akhir - Sugito S.Pd..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Nama : Dewinta Anggraeni
NIM : 1701046009
Judul : Peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Berkah Mandiri dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Desa Wisata Adiluhur (Studi Di Desa Adiluhur Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen)

Pembangunan kepariwisataan memerlukan dukungan dan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan di bidang pariwisata. Masyarakat adalah salah satu unsur penting pemangku kepentingan untuk bersama-sama dengan pemerintah dan kalangan usaha/swasta bersinergi melaksanakan dan mendukung pembangunan kepariwisataan. Oleh karena itu pembangunan kepariwisataan harus memperhatikan posisi, potensi dan peran masyarakat baik sebagai subjek atau pelaku maupun penerima manfaat pengembangan, karena dukungan masyarakat turut menentukan keberhasilan jangka panjang pengembangan kepariwisataan. Dukungan masyarakat dapat diperoleh melalui penanaman kesadaran masyarakat akan arti penting pengembangan kepariwisataan. Untuk itu dibutuhkan proses dan pengkondisian untuk mewujudkan masyarakat yang sadar wisata.

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) merupakan salah satu komponen dalam masyarakat yang memiliki peran dan kontribusi penting dalam pengembangan kepariwisataan di daerahnya. Peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Berkah Mandiri sangat berpengaruh penting dalam pengelolaannya. Peran yang berstruktur dan strategis menjadi power terhadap kesejahteraan masyarakat Adiluhur. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Bagaimana Peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Berkah Mandiri dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui Desa Wisata Adiluhur dan Apa hasil Peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Berkah Mandiri dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui Desa Wisata Adiluhur.

Metode yang digunakan dalam penelitian penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, Peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Berkah Mandiri yaitu : Peran sebagai fasilitator, dan sosial. Hasil dari peranan yaitu memperkenalkan, melestarikan, dan memanfaatkan potensi pariwisata, pemenuhan dan peningkatan sarana dan prasarana, perubahan mindset dan perilaku warga dan keberdayaan masyarakat, bekerjasama dengan stakeholder atau organisasi lain. Tentunya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Adiluhur Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS); Kesejahteraan; Pemberdayaan Masyarakat; Desa Wisata
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
300 Social sciences > 350 Public administration > 354 Of specific central governments
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 18 Nov 2023 07:31
Last Modified: 18 Nov 2023 07:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21712

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics