Dampak ekonomi kreatif game online untuk meningkatkan penghasilan pengguna ditinjau dari segi perspektif Islam : studi kasus: komunitas gamers mobile legends bang-bang Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Wardani, Noor Ariani Destia Kusuma (2023) Dampak ekonomi kreatif game online untuk meningkatkan penghasilan pengguna ditinjau dari segi perspektif Islam : studi kasus: komunitas gamers mobile legends bang-bang Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905026080_Noor_Ariani_Destia_Kusuma_Wardani] Text (Skripsi_1905026080_Noor_Ariani_Destia_Kusuma_Wardani)
1905026080_Noor Ariani_Lengkap Tugas Akhir - Aria.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Ekonomi Kreatif Pada Fenomena Game Online yang bertujuan untuk mengetahui adanya suatu bentuk ekonomi kreatif yang terjadi pada fenomena game online. Pada dasarnya game online Mobile Legends dimainkan hanya untuk hiburan bagi sebagian orang, namun di era sekarang ini game online Mobile Legends mampu membawa suatu perubahan yang dapat menghasilkan keuntungan bagi penikmatnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi untuk mendapatkan data yang diinginkan. Informan ialah mahasiswa komunitas gamers UIN Walisongo Semarang yang aktif dalam bermain game online Mobile Legends Bang-Bang dan sudah memiliki penghasilan dari bermain game online tersebut. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam bermain game online Mobile Legends seorang individu mampu menambahkan pemasukan mereka dalam segi ekonomi dari hasil bermain game online Mobile Legends tersebut. Adapun berbagai bentuk kreativitas serta hasil dari inovasi yang mampu menciptakan suatu ekonomi kreatif yang baru. Melalui ekonomi kreatif tersebut mereka dapat menikmati hasil yang mereka dapatkan ketika bermain game online Mobile Legends Bang-Bang. Salah satu kreativitas dan inovasi yang diterapkan oleh komunitas MLBBUINWS adalah membuka jasa joki game dan jasa top up game yang mana mempunyai waktu yang sangat flexible dan sangat cocok bagi mahasiswa untung mengisi waktu luangnya dengan menghasilkan keuntungan. Dengan hasil penelitian ini, para gamer pada komunitas MLBBUINWS lebih mengembangkan kreativitas-kreativitas yang mereka miliki sehingga menghasilkan sesuatu yang baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ekonomi kreatif; game online; mobile legends bang-bang.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 18 Oct 2023 09:40
Last Modified: 18 Oct 2023 09:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21721

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics