Dampak revitalisasi Pasar Johar Semarang terhadap pendapatan pedagang

Asshidiq, Hamzah Maulana (2023) Dampak revitalisasi Pasar Johar Semarang terhadap pendapatan pedagang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905026084_Hamzah_Maulana_Asshidiq] Text (Skripsi_1905026084_Hamzah_Maulana_Asshidiq)
1905026084_Hamzah MA_Lengkap Tugas Akhir - Hamzah Maulana Asshidiq.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pasar Tradisional memainkan peran penting dalam perekonomian lokal dan merupakan sumber pendapatan utama bagi pedagang. Namun, revitalisasi pasar sering kali melibatkan perubahan yang berarti terhadap ifrastruktur dan kebijakan operasional, yang berdampak pada pendapatan pedagang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari revitalisasi pasar Johar Semarang terhadap pendapatan pedagang dan pandangan ekonomi Islam terhadap revitalisasi pasar Johar Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan Field Research (Penelitian Lapangan) dan bersifat Deskriptif kualitatif. Adapun data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumnetasi, sehingga data yang didapat benar-benar sesuai dengan realitas mengenai fenomena-fenomena yang ada di lokasi penelitian tersebut. Maka dari itu penelitian ini menggunakan jenis penelitian Field Research. Sedangkan data sekunder yang diperoleh yaitu melalui buku, jurnal, dan dokumen penelitian yang terdahulu yang relevan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa revitalisasi pasar Johar Semarang memiliki dampak negatif terhadap pendapatan pedagang. Hal ini dibuktikan dengan adanya penurunan pendapatan pedagang. Beberapa faktor yang menyebabkan penurunan pendapatan pedagang yaitu lokasi dagangan yang berubah, jual beli online yang semakin berkembang pesat, minat konsumen semakin sedikit, dan faktor penting dari menurunnya pendapatan pedagang di pasar Johar adalah tempat relokasi ketika pasar Johar masih dalam tahap revitalisasi belum ditutup. Sehingga, pasar masih terbagi menjadi dua. Karena faktor-faktor penurunan tersebut, hampir seluruh pedagang pasar Johar mengalami penurunan pendapatan sebesar 60 persen. Tetapi ada beberapa pedagang yang mengalami keuntungan dari adanya revitalisai, hal itu disebabkan karena tempat berdagang yang sekarang menjadi lebih strategis dan adanya inovasi-inovasi baru yang dilakukan pedagang untuk menjual barang dagangannya. Revitalisasi pasar Johar Semarang kurang memberikan efek positif terhadap pendapatan pedagang, karena selama ini pedagang mengalami penurunan pendapatan yang sangat drastis setelah kembali menempati pasar Johar, adapun dampak positif dari adanya revitalisasi ini yaitu kondisi pasar yang semakin cantik dan rapih, tersedianya fasilitas-fasilitas umum yang sangat memadai, selain itu pengelolaan pasar yang lebih baik menajadi dampak positif dari adanya revitalisasi ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pasar tradisional; revitalisasi pasar; pendapatan.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 20 Oct 2023 06:36
Last Modified: 20 Oct 2023 06:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21723

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics