Keterlibatan alumni prodi manajemen haji dan umrah dalam kegiatan tri dharma perguruan tinggi

Syah, Muhammad Nurul Huda Firman (2023) Keterlibatan alumni prodi manajemen haji dan umrah dalam kegiatan tri dharma perguruan tinggi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1901056066_Muhammad Nurul Huda Firman Syah_Lengkap] Text (Skripsi_1901056066_Muhammad Nurul Huda Firman Syah_Lengkap)
Skripsi_1901056066_Muhammad Nurul Huda Firman Syah_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Muhammad Nurul Huda Firman Syah (1901056066), Judul Keterlibatan Alumni Prodi Manajemen Haji dan Umrah dalam Kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Studi ini hadir untuk mengetahui keterlibatan alumni prodi Manajemen Haji dan Umrah dalam kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa dan bagaimana keterlibatan alumni prodi Manajemen Haji dan Umrah dalam kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif bersifat deskriptif, jenis Field Research dengan menggunakan pendekatan psikologi. Sumber data primer berasal dari seluruh alumni prodi MHU Angkatan 2017, 2018, dan 2019 yang berjumlah 58 alumni. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh melalui jurnal, website MHU dan dokumen dokumen prodi Manajemen Haji dan Umrah serta sumber lainnya yang berkaitan dengan keterlibatan alumni prodi MHU. Penulis dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi dengan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Setelah data diperoleh akan dianalisis menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil wawancara terhadap 58 aluimni prodi Manajeimein Haji dan Uimrah, ada 26 (duiapuiluih einam) atau 44,8% aluimni yang suidah teirlibat dalam keigiatan Tri Dharma Peirguiruian Tinggi. Beirdasarkan hasil wawancara, keiteirlibatan teirseibuit antara lain: Pertama, teirlibat dalam bidang peindidikan dan peingajaran beiruipa meinjadi narasuimbeir pada acara Training of Fasilitator, meinjadi narasuimbeir pada peilatihan manasik, meinjadi peimateiri pada seiminar MHUi, meinjadi modeirator pada keigiatan HMJ MHUi, meinjadi peimateiri pada keigiatan maan najah makrab MHUi 2022, teirlibat pada keigiatan workshop peinyuisuinan kuirikuiluim juiruisan MHUi 2022, dan teirlibat dalam meinyuimbangkan buikui uintuik peirpuistakaan juiruisan MHUi. Kedua, terlibat pada bidang peineilitian dan peingeimbangan beiruipa aluimni Prodi MHUi dilibatkan untuk meimbantui salah satu dosein yang beirkaitan deingan pengembangan keiaktifan mahasiswa MHUi pada saat meingikuiti mata kuiliah. Aluimni MHUi teirlihat kuirang beirkontribuisi dalam kegiatan penelitian yang dilatarbeilakangi oleih faktor fokusnya pada duinia keirja, fokuis meilanjuitkan peindidikan, tidak ada yang meingajak uintuik meilakuikan riseit peineilitian, dan beiluim ada keisadaran uintuik meimuilai riseit peineilitian seicara mandiri. Ketiga, terlibat dalam bidang peingabdian kepada masayrakat beiruipa meimbeirikan donasi dana uintuik ikuit meinyuikseiskan keigiatan bakti sosial di Yayasan Harapan Seimarang yang di seileinggarakan oleih peinguiruis HMJ MHUi. Keibanyakan aluimni prodi MHUi yang peirnah teirlibat dalam keigiatan Tri Dharma Peirguiruian tinggi yaitui aluimni yang teirdorong oleih track reicord seiwaktui masih meinjadi mahasiswa, aluimni teirseibuit aktif dalam akadeimik dikampuis dan juiga non-akadeimik seipeirti ikuit organisasi baik di inteirnal kampuis mauipuin eiksteirnal kampuis sehingga motivasi keinginan untuk berkontribusi sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Alumni; Tri dharma perguruan tinggi; Haji dan umroh
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 76201 - Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 19 Oct 2023 01:32
Last Modified: 19 Oct 2023 01:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21724

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics