Motivasi mahasiswa angkatan 2022 dalam memilih jurusan Manajemen Haji Dan Umrah Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang

Safitri, Dian (2023) Motivasi mahasiswa angkatan 2022 dalam memilih jurusan Manajemen Haji Dan Umrah Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1901056080_Dian Safitri_Lengkap] Text (Skripsi_1901056080_Dian Safitri_Lengkap)
Skripsi_1901056080_Dian Safitri_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Dian Safitri (1901056080), Motivasi Memilih Jurusan Manajemen Haji dan Umrah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang
Jurusan Manajemen Haji dan Umrah merupakan salah satu jurusan yang berada di Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang mana jurusan ini merupakan jurusan baru. Meskipun MHU merupakan jurusan baru akan tetapi minat dari mahasiswa terhadap jurusan ini terbilang cukup tinggi. Setiap tahunnya mengalami peningkatan jumlah mahasiswa. Dari banyaknya mahasiswa pastinya memiliki motivasi dan ltar belakang yang berbeda-beda. Memilih jurusan memerlukan adanya suatu motivasi agar dalam menjalankan perkuliahan tidak merasakan adanya keterpaksaan terhadap jurusan yang dipilih. Melihat dari hal tersebut belum diketahui motivasi apa yang membuat mahasiswa mengambil keputusan memilih jurusan Manajemen Haji dan Umrah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi mahasiswa dalam memilih jurusan Manajemen Haji dan Umrah di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan psikologi manajemen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket yang dijadikan sebagai pengumpulan data yang utama yang kemudian didukung dengan wawancara. Penelitian ini dilakukan kepada seluruh mahasiswa angkatan 2022 jurusan MHU di FDK UIN Walisongo Semarang. Adapun data yang sudah ada dianalisis menggunakan analisis model Milles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa motivasi mahasiswa MHU angkatan 2022 berasal dari motivasi instrinsik dan ekstrinsik. Motivasi instrinsik (motivasi yang berasal dari diri seseorang) yang mana dalam hal ini mahasiswa angkatan 2022 memilih jurusan MHU atas dasar keinginan dari diri sendiri sebesar (58,1%), rasa ketertarikan terhadap jurusan sebesar (59,5%), keterampilan dibidang haji dan umrah menjadi motivasi sebesar (58,1%), dan keinginan untuk memperoleh informasi dan pengetahuan yang lebih dibidang haji dan umrah sebesar (59,5%). Sedangkan motivasi ekstrinsik (motivasi yang berasal dari luar diri seseorang) terdiri dari dunia kerja sebesar (50%) dan lingkungan sebesar (62,2%).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi; Jurusan Manajemen Haji Dan Umrah; Mahasiswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 76201 - Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 19 Oct 2023 01:55
Last Modified: 19 Oct 2023 01:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21728

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics