Internalisasi nilai-nilai budaya keislaman melayu Riau dalam pendidikan akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 1 Siak Provinsi Riau

Khotimah, Khusnul (2023) Internalisasi nilai-nilai budaya keislaman melayu Riau dalam pendidikan akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 1 Siak Provinsi Riau. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903016010_KHUSNUL_KHOTIMAH] Text (SKRIPSI_1903016010_KHUSNUL_KHOTIMAH)
1903016010_ khusnul khotimah_ lengkap tugas akhir - khusnul khotimah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Budaya Melayu Riau dapat menjadi media Internalisasi pendidikan Akhlak dalam membentuk siswa yang berkarakter. Proses ini menjawab kondisi zaman yang berpengaruh pada merosotnya karakter bangsa. bangsa pada saat ini membutuhan insan yang berakhlak baik dalam memimpin negara.Tujuan penelitian ini (1) menjelaskan proses Internalisasi Nilai Keislaman Budaya Melayu Riau dalam Pendidikan Akhlak di MAN 1 Siak (2) menggambarkan hasil Internalisasi Nilai Keislaman Budaya Melayu Riau dalam Pendidikan Akhlak di MAN 1 Siak.
Untuk mencapai tujuan itu, digunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah terkumpul, data dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses internalisasi dilalui dengan pemahaman, keteladanan dan pembiasaan. (2) hasil internalisasi nilai-nilai budaya keislaman Melayu Riau adalah siswa mencintai dan megembangkan budaya sendiri, siswa menjadi lebih disiplin, siswa terbiasa untuk menutup aurat, siswa memilki akhlak yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Internalisasi; Budaya Keislaman Melayu Riau; Pendidikan Akhlak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 20 Oct 2023 02:00
Last Modified: 20 Oct 2023 02:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21731

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics