Peran Paguyuban Tetot Sejahtera dalam mengembangkan ekonomi rumah tangga di Desa Penanggulan Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal

Saleha, Atika Putri (2023) Peran Paguyuban Tetot Sejahtera dalam mengembangkan ekonomi rumah tangga di Desa Penanggulan Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_1701046026_ATIKA_PUTRI_SALEHA] Text (SKRIPSI_1701046026_ATIKA_PUTRI_SALEHA)
1701046026_Atika Putri Saleha_Full Skripsi - Atika Putri Saleha.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Nama: Atika Putri Saleha, NIM: 1701046026, Judul: Peran Paguyuban Tetot Sejahtera dalam Mengembangkan Ekonomi Rumah Tangga di Desa Penanggulan Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal.
Kesejahteraan hidup menjadi suatu yang terus berubah seiring dengan bertambahnya waktu. Menekuni suatu pekerjaan menjadi salah satu jalan yang ditempuh dalam rangka mencukupi kebutuhan hidup. Langkanya lapangan kerja serta minimnya kemanpuan untuk berwirausaha secara personal menjadikan mencari pekerjaan menjadi hal yang sulit bagi sebagaian pihak. Dalam hal ini, keberadaan suatu kelompok masyarakat yang dapat mendorong terwujudnya peluang kerja bisa sangat membantu dalam mewujudkan terpenuhinya kebutuhan hidup bagi masyarakat. Sehingga kelompok yang ada di masyarakat dapat memberikan peran sebagai jalan keluar dalam memenuhi kebutuhan ekonomi di dalam keluarga sebagai bagian terkecil dalam masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini mengambil sorotan mengenai bagaimana peran paguyuban Tetot Sejahtera dalam mengembangkan ekonomi rumah tangga di Desa Penanggulan serta melihat bagaimana hasil pengembangan ekonomi rumah tangga yang dilakukan Paguyuban Tetot Sejahtera di Desa Penanggulan Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran Paguyuban Tetot Sejahtera dalam mengembangkan ekonomi rumah tangga serta hasil pengembangan ekonomi rumah tangga yang di lakukan oleh Paguyuban Tetot Sejahtera. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang berfokus pada pendeskripsisn suatu variabel masalah dengan melihat fenomena sosial yang terjadi di belakangnya. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran Paguyuban Tetot Sejahtera dalam pengembangan ekonomi rumah tangga memiliki andil sebagai fasilitator, komunikator, dan edukator di masyarakat yang mendorong untuk mengembangkan potensi di masyarakat menjadi lebih produktif dalam menciptakan peluang kerja dan usaha pengolahan jajanan tradisional. Sehingga hasil pengembangan ekonomi rumah tangga oleh Paguyuban Tetot Sejahtera adalah tersedianya lapangan pekerjaan, peningkatan pendapatan, dan jaringan kerja kemitraan semua golongan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Paguyuban Tetot Sejahtera; Ekonomi Rumah Tangga; Masyarakat Desa
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 173 Ethics of family relationships
300 Social sciences > 306 Culture and institutions
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 18 Nov 2023 07:39
Last Modified: 18 Nov 2023 07:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21734

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics