Peran Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Manggis II RW 4 dalam meningkatkan kesehatan ibu dan anak di Kelurahan Bambankerep Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang

Aulia, Choffah (2023) Peran Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Manggis II RW 4 dalam meningkatkan kesehatan ibu dan anak di Kelurahan Bambankerep Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_1701046063_CHOFFAH_AULIA] Text (SKRIPSI_1701046063_CHOFFAH_AULIA)
1701046063_Choffah Aulia_Full Skripsi - Choffah Aulia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Choffah Aulia 1701046063. Peran Pos Pelayanan Terpadu (POSYANDU) Manggis II RW 4 Dalam Meningkatkan Kesehatan Ibu dan Anak di Kelurahan Bambankerep Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Semarang: Program Strata 1 (S1) Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo, 2023.
Peran posyandu sangat penting dalam penanganan masalah kesehatan yang ada pada Ibu dan Anak balita. Posyandu merupakan salah satu upaya kesehatan bersumber daya masyarakat khususnya bagi ibu dan anak yang telah diselenggarakn dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pemberdayaan kesehatan serta memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Rumusan masalah penelitian ini yakni bagaimana upaya-upaya posyadu manggis II RW 4 dalam meningkatkan kesehatan ibu dan anak dan bagaimana peran posyandu manggis IIRW 4 dalam meningkatkan kesehatan ibu dan anakdi Kelurahan Bambankerep Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yang bertujuan untuk mengali atau membangun suatu proposisi atau menjelaskan makna di balik realita. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. adapun data primer skripsi ini terbagi menjadi dua sumber data, yaitu data utama yang diperoleh dari ketua posyandu manggis II, kader posyandu Manggis II, tenaga kesehatan, dan ibu dari anak yang datang ke posyandu Manggis II. Sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku, foto, dokumen, jurnal , artikel dan sumber online atau data pendukung lain. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan tiga tahapan yaitu (1) reduksi data; (2) penyajian/paparan data; dan (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya-upaya posyandu manggis II RW 4 dalam meningkatkan kesehatan Ibu dan Anak di Kelurahan Bambankerep Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang yaitu: (1) pendampingan keluarga, upayanya yaitu memberi edukasi dan arahan; (2) penyuluhan kesehatan, upayanya yaitu memberikan informasi terkait perilaku hidup sehat dan bersih, asupan gizi seimbang, ASI dll; (3) pemantauan tumbuh kembang anak, upayanya yaitu penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar lengan dan lingkar kepala; (4) pemberian gizi pada anak, upayanya yaitu pemberian PMT pada saat ada datang ke posyandu; (5) pemberian imunisasi, upayanya yaitu pemberian vaksin berupa DPT,Polio, Campak, dan Hepatitis B. Adapun peran posyandu manggis II RW 4 dalam meningkatkan Kesehatan Ibu dan Anak di Kelurahan Bambankerep Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang yaitu: (1) peran posyandu sebagai pelayanan kesehatan, dalam hal ini posyandu sebagai wadah pelayanan kesehatan masyarakat untuk menjaga kesehatan, meningkatkan kesehatan, mencegah dan mengobati penyakit dan memulihkannya; (2) peran posyandu sebagai pemberdayaan masyarakat, dalam hal ini posayndu dapat menumbuhkan kesadaran untuk aktif bekerjasama daam pelaksanaan posyandu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Posyandu; Kesehatan Ibu dan Anak;
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 614 Incidence and prevention of disease
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 18 Nov 2023 07:48
Last Modified: 18 Nov 2023 07:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21735

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics