Pendampingan PKK dalam mewujudkan lingkungan bersih dan sehat di Desa Rejosari Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak

Khoirodin, Ahmad (2023) Pendampingan PKK dalam mewujudkan lingkungan bersih dan sehat di Desa Rejosari Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1701046077_AHMAD_KHOIRODIN] Text (SKRIPSI_1701046077_AHMAD_KHOIRODIN)
Skripsi_1701046077_Ahmad_Khoirodin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pola pikir agar selalu memperhatikan lingkungan, dan menjaga lingkungan semaksimal mungkin. Salah satu bentuk pendampingan yang dilakukan kelompok PKK Desa Rejosari adalah dengan melakukan pengarahan dan bimbingan kepada masyarakat tentang lingkungan bersih dan sehat agar dapat mewujudkan lingkungan bersih dan sehat. Maka dari itu peneliti membuat rumusan masalah berupa: 1) Bagaimana proses pendampingan PKK dalam mewujudkan lingkungan bersih dan sehat di Desa Rejosari Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak? 2) Apa saja faktor pendukung, penghambat dan hasil dari pendampingan PKK dalam mewujudkan lingkungan bersih dan sehat di Desa Rejosari Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak?
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti terlibat langsung dalam menggali data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pendampingan PKK Dalam Mewujudkan lingkungan Bersih Dan Sehat Di Desa Rejosari Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak menggunakan beberapa tahapan yaitu: tahapan pengembangan masyarakat meliputi tahap persiapan, tahap kapasitasi, dan tahap terminasi. 2) Faktor pendukung pendampingan PKK Dalam Mewujudkan Lingkungan Bersih Dan Sehat Di Desa Rejosari Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak yaitu adanya pelatihan dari kelompok PKK, adanya dukungan dari instansi terkait, dan adanya sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya sumber daya manusia, kurangnya partisipasi masyrakat, dan kurangnya kepedulian masyrakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendampingan masyarakat; Kelompok PKK; Lingkungan Bersih dan Sehat
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering and allied operations > 628 Sanitary and municipal engineering
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 29 Jan 2024 01:41
Last Modified: 29 Jan 2024 02:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21740

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics