Efektivitas penggunaan media digital dalam meningkatkan prestasi belajar PAI pada siswa SDN Ngaliyan 03 Semarang

Asyiqin, Nurul (2023) Efektivitas penggunaan media digital dalam meningkatkan prestasi belajar PAI pada siswa SDN Ngaliyan 03 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903016030_NURUL_ASYIQIN] Text (SKRIPSI_1903016030_NURUL_ASYIQIN)
1903016030_Nurul Asyiqin_Full Skripsi - nurul asyiqin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran PAI di sekolah dan efektivitas penggunaan media digital dalam meningkatkan prestasi belajar PAI sehingga dapat mengetahui perbedaan pembelajaran antara penggunaan media digital dengan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan prestasi belajar PAI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dari penggunaan media digital dalam meningkatkan prestasi belajar PAI di SDN Ngaliyan 03 Semarang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Data penelitian ini dikumpulkan melalui tes dan dokumentasi. Tes disebarkan kepada kelas kontrol dan kelas ekperimen yang masing-masing kelas berjumlah 30 siswa, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu Teknik sampling jenuh. Desain penelitian yang dipakai yaitu quasi experimental design. Peneliti mengumpulkan data dengan memberikan pre-test dan post-test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen untuk menguji hipotesis yang ada. Pengujian hipotesis ini menggunakan uji independent sample t-test pada program SPSS .
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media digital dalam pembelajaran dinilai efektif dalam meningkatkan prestasi belajar PAI ditandai dengan rata-rata post-test kelas ekperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu (43,40 dan 36,90). Dan adanya perbedaan antara pembelajaran yang menggunakan media digital dengan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan prestasi belajar PAI yang ditunjukkan dari uji independent sample t-test hasil signifikansi (2-tailed) pada equal variances assumed yaitu 0,043 < 0,05 (taraf signifikansi 5%). Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penggunaan media digital; prestasi belajar; kelas eksperimen
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 20 Oct 2023 06:24
Last Modified: 20 Oct 2023 06:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21747

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics