Pengaruh akuntabilitas, transparansi, partisipasi masyarakat dalam pengelolaan dana desa terhadap pemberdayaan masyarakat : studi kasus di Kelurahan Tambakaji Kecamatan Ngaliyan

Rusmiati, Ilsa (2023) Pengaruh akuntabilitas, transparansi, partisipasi masyarakat dalam pengelolaan dana desa terhadap pemberdayaan masyarakat : studi kasus di Kelurahan Tambakaji Kecamatan Ngaliyan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1805046038_Ilsa Rusmiati_Lengkap] Text (Skripsi_1805046038_Ilsa Rusmiati_Lengkap)
Skripsi_1805046038_Ilsa Rusmiati_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Undang-undang no 6 tentang Desa merupakan landasan hukum yang berarti bagi desa, dengan adanya Undang-undang tersebut dapat menjadi jalan bagi terselenggaranya pembangunan disetiap desa di Indonesia. Dengan adanya dana desa, dalam pengelolaanya dana desa ini sering terjadi permasalahan yang timbul salah satunya yaitu korupsi, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh akuntabilitas, transparansi dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan dana desa terhadap pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Tambakaji Kecamatan Ngaliyan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel yaitu sebanyak 50 responden, sampel pada penelitian ini yaitu masyarakat di Kelurahan Tambakaji Kecamatan Ngaliyan yang telah berusia 17 tahun atau telah cakap hukum. Metode pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik purposive sampling, pengambilan data penelitian ini yaitu dengan menyebar kuesioner kemudian data diproses dan dianalisis dengan mengunakan analisis regresi linier berganda dengan mengunakan aplikasi SPSS versi 25.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa akuntabilitas, tranparansi, dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan dana desa berpengaruh secara posistif terhadap pemberdayaan masyarakat Kelurahan Tambakaji Kecamatan Ngaliyan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas; Transparansi; Partisipasi masyarakat; Pemberdayaan masyarakat
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 20 Oct 2023 07:07
Last Modified: 20 Oct 2023 07:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21751

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics