Pengaruh transparansi, akuntabilitas dan partisipasi masyarakat terhadap efektivitas pengelolaan dana bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) : studi kasus di Desa Kalisidi Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang

Choiriyah, Anna Miftakhul (2023) Pengaruh transparansi, akuntabilitas dan partisipasi masyarakat terhadap efektivitas pengelolaan dana bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) : studi kasus di Desa Kalisidi Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1805046081_Anna Miftakhul Choiriyah_Lengkap.pdf] Text
Skripsi_1805046081_Anna Miftakhul Choiriyah_Lengkap.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemiskinan menjadi masalah ekonomi utama di Indonesia. Cara menanggulangi kemiskinan salah satunya adalah dengan melakukan program pembangunan dari tingkatnpemerintahan Desa seperti pemberian Bantuan sisal berupa PKH (Program keluarga Harapan)I yang harus dilaksanakan dengan transparansi dan akuntabilitas. Namun pada realitanya, adai berbagaii kepentingani dari beberapa pihak yang menyebabkan penyalurani dana bantuan sosial dirasa kurang adil bagii warga. Salah satu kasusnya, seperti yang terjadi di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungarn Barat, Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Dari banyaknya warga Kalisidi yang mendapat bantuan PKH, bantuan BPNT dan juga BLT-DD tidak akan ada double KPM untuk penerima bantuan sosial tersebut. Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam penyelenggaraan pembagian bantuan sosial wargaa desa Kalisidi banyak yang merasa bahwa penerima bantuan sosial yang telah dikucurkan pemerintah tersebut dirasa kurang tepat sasaran. Sehingga warga merasa kurang puas dengan kinerja pemerintah desa dan menyebabkan hilangnya rasa kepercayaan. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui Pengaruh Transparansi, Akuntabilitas, dan Partisipasi Masyarakat terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Sosial di Desa Kalisidi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metoden kuantitatif dengan pendekatan kausal. Metode penelitian ini didasarkan pada filosofi positivisme dani digunakan untuki mempelajarii populasii atau sampel khusus. Bahan penelitiani dikumpulkani dengani menggunakani alat penelitian analisisi datai kuantitatif atau statistiki dani digunakani untuki menguji hipotesis yang telah ditentukan. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling sehingga ada 96 warga Kalisidi yang menjadi responden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Regresi Linear Berganda dengan menggunakan SPSS versi 26.
Hasil hasil penelitian menunjukkan bahwa variabeli Transparansi dan Partisipasi Masyarakat tidaki berpengaruhi signifikani terhadap variabel Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Sosial. Sedangkan variabel Akuntabilitas berpengaruh terhadap variabel Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Sosial di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungarn Barat, Kabupaten Semarang Jawa Tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tranparansi; Akuntabilitas; Partisipasi masyarakat; Dana bantuan sosial
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 20 Oct 2023 09:23
Last Modified: 20 Oct 2023 09:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21754

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics