Pengaruh locus of control dan equity sensitivity terhadap perilaku etis auditor : studi pada kantor akuntan publik di Semarang

UNSPECIFIED (2023) Pengaruh locus of control dan equity sensitivity terhadap perilaku etis auditor : studi pada kantor akuntan publik di Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1805046107_Saniya Salsabilla_Lengkap] Text (Skripsi_1805046107_Saniya Salsabilla_Lengkap)
Skripsi_1805046107_Saniya Salsabilla_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Di Indonesia persepsi mengenai auditor mempunyai tingkat kepercayaan rendah. Pada setiap tahunnya terjadi adanya fenomena pelanggaran yang ikut melibatkan Auditor didalamnya. Perilaku Auditor yang baik diperlukan untuk membatasi adanya pelanggaran agar tidak muncul masalah penyelewengan yang dapat merugikan masyarakat untuk kedepannya yaitu dengan mematuhi kode etik. Tujuan dari penelitian ini adalah : Menguji dan mengetahui bagaimana pengaruh antara Locus Of Control terhadap Perilaku Etis Auditor. Menguji dan mengetahui bagaimana pengaruh antara Equity Sensitivity terhadap Perilaku Etis Auditor.
Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan kriteria merupakan Auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik Kota Semarang. Pengumpulan data menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini pada 15 Kantor Akuntan Publik di Kota Semarang dengan total responden sejumlah 69 Auditor.
Analisis data yang diperoleh menggunakan teknik analisis Partial Least Square (PLS) menggunakan software SEM-PLS dengan WarpPls 7.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Locus Of Control memiliki pengaruh positif terhadap Perilaku Etis Auditor, sedangkan variabel Equity Sensitivity memiliki pengaruh positif terhadap Perilaku Etis Auditor.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Equity sensitivity; Locus of control; Perilaku etis; Auditor
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 20 Oct 2023 09:47
Last Modified: 20 Oct 2023 09:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21757

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics