Potensi pariwisata halal dalam meningkatkan perekonomian masyarakat : studi kasus Pantai Indah Kemangi Kabupaten Kendal

Firmansyah, Mohammad Rheza (2023) Potensi pariwisata halal dalam meningkatkan perekonomian masyarakat : studi kasus Pantai Indah Kemangi Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905026110_Mohammad_Rheza_Firmansyah] Text (Skripsi_1905026110_Mohammad_Rheza_Firmansyah)
1905026110_MohammadRhezaFirmansyah_Lengkap Tugas Akhir - Mohammad Rheza Firmansyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Parwisata berbasis halal di objek pariwisata Pantai Indah Kemangi merupakan destinasi pariwisata yang menjadi incaran para wisatawan terutama wisatawan yang berasal dari luar Kabupaten Kendal. Keberadaan objek pariwisata Pantai Indah Kemangi ini mengundang banyak wisatawan dari berbagai daerah untuk menikmati wisata Pantai Indah Kemangi sehingga menyebabkan beberapa usaha tumbuh dan berkembang di sekitar lokasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi pariwisata halal Pantai Indah Kemangi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat yang berada di kawasan objek wisata Pantai Indah Kemangi.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (flield search) yaitu penelitian yang berhubungan langsung dengan lapangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Adapun sumber data yakni data primer dan data sekunder, data primer diperoleh dari hasil wawancara (Kepala Desa, Ketua BUMDes, Pedagang, Pengunjung) dan observasi, sedangkan data sekunder diperoleh dari jurnal, skripsi, dan situs pemerintah.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa wisata di objek wisata Pantai Indah Kemangi terus mengalami kemajuan dan pembaharuan diantaranya penyediaan layanan ramah muslim, makanan dan minuman halal, serta penginapan yang tidak melanggar etika islam. Wisata ini juga memberikan dampak positif terhadap kehidupan sosial antar masyarakat pelaku usaha. Akan tetapi, masih ada pelaku usaha yang pendapatannya masih belum meningkat selama berjualan di objek wisata berbasis halal di Pantai Indah Kemangi seperti yang penulis temukan saat observasi dan wawancara pendapatannya masih belum meningkat selama berjualan di objek wisata ini. Melihat kondisi Pantai Indah Kemangi yang demikian maka strategi yang ditawarkan yaitu perbaikan dan pelebaran jalan, memberikan informasi terkait Pantai Indah Kemangi, adanya peraturan linkungan dan keamanan, serta meyediakan pelayanan yang sesuai dengan prinsip islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pariwisata; halal; ekonomi; pantai
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 21 Oct 2023 02:25
Last Modified: 21 Oct 2023 02:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21770

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics