Dampak psikososial kecanduan game online di komunitas revolusioner Semarang: analisis bimbingan konseling Islam

Rochmanaji, Rodyat (2023) Dampak psikososial kecanduan game online di komunitas revolusioner Semarang: analisis bimbingan konseling Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601016105_Rodyat Rochmanaji_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1601016105_Rodyat Rochmanaji_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Dampak Psikososial adalah setiap perubahan dalam diri kita yang bersifat psikis maupun social yang berpengaruh terhadap lingkungan sekitar kita. Psikososial adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan hubungan antara kondisi social seseorang dengan Kesehatan mentalnya maupun emosinya. Dalam hal ini peneliti mencoba meninjau fenomena ini dengan bimbingan dan konseling islam dengan rumusan masalah. 1. Bagaimana dampak Psikososial Kecanduan Game Online di Komunitas Revolusioner Semarang ? 2. Bagaimana Analisis Bimbingan dan Konseling Islam Dampak Psikososial Kecanduan Game Online di Komunitas Revolusioner Semarang ? penelitian ini berlatar belakang remaja dari komunitas di Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dimana panduan penulisan skripsi metode ini memberi hasil penelitian berupa generalisasi dari kasus-kasus yang spesifik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, Dampak Psikososial kecanduan game online yang terjadi di Komunitas Revolusioner Semarang adalah dari Aspek Kesehatan seperti mata merah akibat sering melihat handphone secara terus-menerus. Aspek Psikologis menjadi seorang yang pemarah, sensitif akan berbagai hal, Aspek Akademik nilai di beberapa mata kuliah menurun, konstentrasi saat dikelas pun menjadi terganggu, Aspek Sosial menjadi pribadi yang tertutup dan menari diri dari lingkungan sekitarnya, Aspek Keuangan penggunaan uang kiriman dari orang tua menjadi boros, sehingga tidak cukup untuk keperluan sehari-hari. Kedua, Analisis Bimbingan dan Konseling Islam yang digunakan pada Dampak Psikososial kecanduan game online menunjukkan bahwa tingkat kesadaran diri yang rendah bisa mengakibatkan seseorang lupa diri. Kegiatan Latihan Bersama dan evaluasi sebagai komunitas dilaksanakan untuk membuat pola pikir sesame anggota sama-sama berkembang. Bahwasanya untuk menambah semangatt dan kekompakkan di dalam game maupun diluar game itu sendiri. Bersesuaian dengan tujuan bimbingan dann konseling Islam dalam upaya pengembalin kesadaran dan kemampuan seseorang untuk berinteraksi dengan orang lain dalam rangka pemenuhan kebutuhan jiwa seseorang. Komunitas yang merangkul juga meempresentasikan fungsi dari bimbingan dan konseling islam yang dengan adanya kegiatan diskusi yang dilakukan oleh komunitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Bimbingan dan Konseling; Candu; Game Online; Permainan Internet
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 21 Oct 2023 02:38
Last Modified: 21 Oct 2023 02:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21775

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics