Manajemen imarah Masjid Agung Kauman Kebumen

Miftahudin, Ahmad (2022) Manajemen imarah Masjid Agung Kauman Kebumen. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of 1601036033_AHMAD_MIFTAHUDIN_SKRIPSI] Text (1601036033_AHMAD_MIFTAHUDIN_SKRIPSI)
1601036033_Ahmad Miftahudin_FULL_SKRIPSI - Miftahudin Ahmad.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Ahmad Miftahudin (1601036033), melakukan penelitian skripsi dengan judul Manajemen Imarah Masjid Agung Kauman Kebumen. Rumusan masalah yang diambil yaitu; pertama, Bagaimana Aktifitas Masjid Agung Kauman Kebumen?, kedua, Bagaimana Manajemen Imarah Dewan Kemakmuran Masjid Agung Kauman Kebumen?.
Berangkat dari objektivitas masjid yang notabene sebagai sumber awal atas perkembangan dakwah didunia islam, menjadikan masjid objek yang selalu dikaji sebagai warisan islam yang tentu akan selamanya ada. Pasang surut masjid dalam eksistensinya dipengaruhi oleh orang-orang yang berada didalamnya, dalam hal ini pengurus atau takmir. Tata kelola yang diterapkan menjadi pembahasan dan magnet ummat islam untuk menilai serta mengikuti kegiatan masjid yang dilaksanakan.
Penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses yang diambil dalam memakmurkan masjid oleh pihak yang mengelola Masjid Agung Kauman Kebumen. Dengan melakukan pengamatan, observasi dan wawancara dapat mendapatkan apa yang menjadi tujuan dilakukannya penelitian ini.
Hasil dari penelitian yang dilakukan, memperoleh jawaban atas rumusan masalah yang dibuat. Dari segi aktifitas dakwah yang dilaksanakan oleh pengurus atau takmir Masjid Agung Kauman Kebumen, mendapatkan informasi bahwa pelaksanaan aktifitas dakwah yang dilakukan oleh pengurus berupa pelaksanaan dan penyelenggaraan ibadah ritual wajib seperti shalat fardlu, shalat jum’at, shalat ied, penyelenggaraan rutinitas ibadah ramadhan, penyelenggaraan pendidikan TPQ, penyelenggaraan PHBI, penyelenggaraan kajian islam berupa kitab-kitab kuning setelah shalat maghrib, rutinitas kajian ibu-ibu setiap ahad pagi, tadarus Al-Quran setiap malam sabtu, dan pelaksanaan manasiq haji. Dari segi manajemen imarah yang dilaksanakan meliputi; merencanakan kegiatan dakwah yang akan dilaksanakan melalui rapat dan pertemuan-pertemuan yang ditentukan, melakukan pengorganisasian dengan penetapan struktural kepengurusan, melakukan penggerakan dengan cara mengawal dan menerapkan aksi nyata atas tugas/dan/kewajiban/yang/telah ditentukan dan melakukan pengawasan dengan selalu melakukan evaluasi kerja dan penyelesaian masalah yang terjadi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Imarah: Masjid.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 21 Oct 2023 04:06
Last Modified: 21 Oct 2023 04:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21789

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics