Strategi fundraising dana Zakat Infaq dan Shadaqah (ZIS) pada masa pandemi covid-19 : studi kasus LAZISNU Kecamatan Winong Kabupaten Pati

Kholifah, Nunung Sri (2022) Strategi fundraising dana Zakat Infaq dan Shadaqah (ZIS) pada masa pandemi covid-19 : studi kasus LAZISNU Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of 1701036039_NUNUNG_SRI_KHOLIFAH_SKRIPSI] Text (1701036039_NUNUNG_SRI_KHOLIFAH_SKRIPSI)
1701036039_NUNUNG SRI KHOLIFAH_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Nama Nunung Sri Kholifah NIM 1701036039, dengan judul ‘‘Strategi Fundraising Dana Zakat Infaq dan Shadaqah (ZIS) Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus LAZISNU Kecamatan Winong Kabupaten Pati)’’ ditulis untuk memenuhi tugas akhir Program Sarjana (S1) pada Jurusan Manajemen Dakwah UIN Walisongo Semarang.
Strategi Fundraising dana zakat infaq dan shadaqah di LAZISNU kecamatan Winong kabupaten Pati sangat diperlukan, untuk meningkatkan perolehan dana ZIS. Adanya penerapan strategi dapat memberikan arahan jangka panjang, membantu lembaga dalam melakukan penyesuaian terhadap perubahan-perubahan yang terjadi di setiap tahunnya, salah satunya ketika terjadi pandemi covid_19 sangat perlu melakukan perubahan dan peningkatan dalam penyusunan dan penerapan strategi sehingga kegiatan fundraising bisa dilaksanakan secara efektif dan efisien.
Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui strategi fundraising dana zakat, infaq, dan shadaqah yang dilakukan LAZISNU Kecamatan Winong Kabupaten Pati pada masa pandemi covid_19 dan untuk mengetahui faktor pendukung serta faktor penghambat selama pelaksanaan Fundraising dana ZIS pada masa pandemi Covid_19. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder yang dianalisis menggunakan metode analisis data dengan metode triangulasi yakni, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan tentang strategi yang digunakan oleh LAZISNU kecamatan Winong kabupaten Pati dalam menghimpun dan mengumpulkan dana zakat, infaq dan shadaqah di masa pandemi covid_19 menggunakan dua cara, pertama menggunakan direct fundraising atau strategi langsung, merupakan bentuk penggalangan/ pengumpulan dana yang memberikan kesempatan kepada muzakki untuk ikut berpartisipasi secara langsung. Kedua, menggunakan strategi tidak langsung atau indirect fundraising, merupakan bentuk penggalangan dana yang tidak melibatkan partisipasi muzzaki secara langsung misalnya melalui transfer ke rekening LAZISNU kecamatan Winong kabupaten Pati. Dalam setiap kegiatan tentunya ada faktor penghambat dan pendukung begitu juga ketika melakukan fundraising ZIS akan tetapi semua bisa diatasi dengan pembuatan strategi yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi; Fundraising; Zakat; Infaq; Shodaqoh; Covid_19
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 21 Oct 2023 04:30
Last Modified: 21 Oct 2023 04:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21797

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics