Metode bimbingan agama dalam menumbuhkan motivasi tahfidzul Qur an bagi anak asuh panti sosial dan pondok pesantren Daarus Sa’id Desa Podorejo Kecamatan Ngaliyan

Fadilah, Fadilah (2023) Metode bimbingan agama dalam menumbuhkan motivasi tahfidzul Qur an bagi anak asuh panti sosial dan pondok pesantren Daarus Sa’id Desa Podorejo Kecamatan Ngaliyan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601016140_Fadilah_SKRIPSI Lengkap.pdf] Text
1601016140_Fadilah_SKRIPSI Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang metode bimbingan agama bagi anak asuh panti sosial dan pondok pesantren daarus sa’id dalam menumbuhkan motivasi tahfidzul Qur an di desa podorejo kecamatan ngaliyan. Dalam penelitian ini mempunyai latarbelakang bahwa kondisi anak asuh yang memliki masalah dengan motivasi menghafal al qur an yang rendah dikarena oleh keterbatasan dan kekurangan yang dimilikinya. Mereka membutuhkan adanya bimbingan agama untuk menumbuhkan motivasi menghafal al quran dan mengembangkan hafalanya. Adapun rumusan masalah : 1) Untuk mengetahui kondisi motivasi anak asuh panti sosial dan pondol pesantren daarus sa’id desa podorejo kecamatan ngaliyan. 2) Untuk mengetahui proses bimbingan agama dalam menumbuhkan motivasi tahfidzul qur an bagi anak asuh panti sosial dan pondok pesantren daarus sa’id desa podorejo kecamatan ngaliyan. Jenis metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu jenis penelitian kulitatif deskriptif, yaitu penelitian yang mengamati suatu (objek penelitian) yang kemudian menjelaskan apa sedang diamatinya. Penelitian kualitatif deskriptif bertujuan untuk menjelaskan gambaran kondisi fenomena secara detail. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti yaitu pendekatan studi kasus . sumber data yang peneliti gunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder . teknik dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, yang menjadi sumber data primer adalah kepala yayasan Panti Sosial dan Pondok Pesantren Daarus Sa’id Desa Podorejo Kecamatan Ngaliyan, Ustadz dan Ustadzah dan Anak Asuh Panti Daarus Sa’id. Hasil penelitian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa kondisi anak asuh tentang motivasi menghafal al quran memiliki motivasi yang berbeda-beda, sebagian ada yang memiliki motivasi yang sangat tinggi yang ditandai dengan rajin membaca dan taat dalam menghafal dan sebagian ada pula yang memiliki tingkat motivasi yang rendah cenderung lebih malas untuk melaksanakan kegiatan panti. Implementasi dari pelaksanaan metode bimbingan agama dalam menumbuhkan motivasi menghafal meliputi beberapa metode yaitu metode ceramah, metode wahdah, metode sima’i, metode gabungan dan metode bin-nadzar. Adapun hasil dari pelaksanaan metode bimbingan agama dalam menumbuhkan motivasi menghafal al qur an yang diterapkan yaitu yang awalnya mereka belum bisa fokus dengan hafalannya, putus asa saat tidak mencapai target harian, dan mindset yang melemah. Setelah melakukan bimbingan agama mereka sudah dapat lebih fokus menghafal, lebih semangat untuk menghafal dan yakin dapat mencapai target dan sudah merasa yakin bahwa mereka mampu untuk menghafal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Bimbingan dan Penyuluhan; Menghapal Al Qur'an; Tahfidz
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 303 Social processes > 303.3 Coordination and control
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 21 Oct 2023 06:26
Last Modified: 21 Oct 2023 06:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21806

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics