Pengaruh penggunaan sistem informasi akuntansi dan kualitas sumber daya manusia terhadap kualitas laporan keuangan : studi kasus KSPPS Berkah Abadi Gemilang Jepara

Khilmiyah, Alvianida Khimayatil (2023) Pengaruh penggunaan sistem informasi akuntansi dan kualitas sumber daya manusia terhadap kualitas laporan keuangan : studi kasus KSPPS Berkah Abadi Gemilang Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1905046046_Alvianida Khimayatil Khilmiyah_Lengkap] Text (Skripsi_1905046046_Alvianida Khimayatil Khilmiyah_Lengkap)
Skripsi_1905046046_Alvianida Khimayatil Khilmiyah_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan sistem informasi akuntansi dan kualitas sumber daya manusia terhadap kualitas laporan keuangan KSPPS Berkah Abadi Gemilang Jepera. permasalahan yang terjadi di KSPPS Berkah Abadi Gemilang dalam membuat laporan keuangan kurang baik. Acuan yang baik dalam membuat laporan keuangan yaitu sesuai dengan PSAK 101-106. Permasalahan ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman sumber daya manusia tehadap Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan dalam penyusunan laporan keuangan tersebut. Salah satu faktornya seperti latar belakang pendidikan karyawan yang tidak sesuai dengan tugas dan sistem informasi akuntansi yang digunakan tidak bisa diakses masyarakat umum. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah agency theory. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa kuisioner dan wawancara sedangkangkan data sekunder berupa buku dan jurnal.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif dan data yang diperoleh pada penelitian ini menggunakan penyebaran kuisioner. Sampel pada penelitian ini sebanyak 38 karyawan, dengan teknik purposive sampling. Pengujian pada penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda untuk mengukur pengaruh variabel dependen berdasarkan variabel independen menggunakan SPSS 25.
Hasil penelitian ini adalah, secara simultan (Uji F) variabel penggunaan sistem informasi akuntansi dan kualitas sumber daya manusia berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan. Secara parsial (Uji T) variabel penggunaan sistem informasi akuntansi berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas laporan keuangan, sedangkan variabel kualitas sumber daya manusia berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi akuntansi; Kualitas sumber daya manusia; Laporan keuangan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 21 Oct 2023 06:56
Last Modified: 21 Oct 2023 06:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21814

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics