Pengaruh motivasi, pertimbangan pasar kerja, dan penghargaan finansial terhadap minat berkarir di bidang akuntan publik

Shintawati, Tri Dewi (2023) Pengaruh motivasi, pertimbangan pasar kerja, dan penghargaan finansial terhadap minat berkarir di bidang akuntan publik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1905046050_Tri Dewi Shintawati_Lengkap] Text (Skripsi_1905046050_Tri Dewi Shintawati_Lengkap)
Skripsi_1905046050_Tri Dewi Shintawati_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah motivasi, pertimbangan pasar kerja, dan penghargaan finansial secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk berkarir di bidang akuntan publik.
Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Pengambilan sampel penelitian ini berdasarkan metode purposive sampling, sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa aktif jurusan akuntansi angkatan 2019-2020 sebanyak 130 mahasiswa. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik deskriptif. Pengujian pada penelitian ini dilakukan dengan uji kualitas data yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Uji asumsi klasik antara lain uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data mengguankan teknik analisis regresi linear berganda. Uji hipotesis dalam penelitian ini adalah uji t (parsial) dan uji F (simultan) dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh positif signifikan terhadap minat mahasiswa untuk berkarir di bidang akuntan publik secara parsial. Sedangkan, pertimbangan pasar kerja dan penghargaan finansial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat mahasiswa untuk berkarir di bidang akuntan publik secara parsial. Motivasi, pertimbangan pasar kerja, dan penghargaan finansial berpengaruh positif signifikan terhadap minat mahasiswa untuk berkarir di bidang akuntan publik secara simultan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Akuntan publik; Motivasi; Pasar kerja; Finansial
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 21 Oct 2023 07:19
Last Modified: 21 Oct 2023 07:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21817

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics