Kinerja modin dalam pemulasaran jenazah dan pengurusan pernikahan : studi di Desa Tegalarum Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak

Murtadho, Ahmad (2023) Kinerja modin dalam pemulasaran jenazah dan pengurusan pernikahan : studi di Desa Tegalarum Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of 1801036100_AHMAD_MURTADHO_SKRIPSI] Text (1801036100_AHMAD_MURTADHO_SKRIPSI)
1801036100Ahmad MurtadhoSKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Ahmad Murtadho 1801036100 dengan skripsiyang berjudul “Kinerja Modin Dalam Pemulasaran Jenazah dan Pengurusan Pernikahan (Studi di Desa Tegalarum Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak)”.
Kinerja adalah proses suatu pekerjaan, dilihat dalam kinerjanya bisa terlihat bahwa seorang pekerja itu bertanggung jawab atau tidak terhadap pekerjaannya, jika didalam kinerjanya pekerja itu tidak sungguh-sungguh maka bisa disimpulakan hasil pekerjaannya kurang bagus atau bisa juga buruk, sebaliknya jika pekerja itu merasa bertanggung jawab maka hasil kerjanya bisa dibilang memuaskan. Begitu halnya sebagai seorang Modin yang merupakan perangkat desa, yang tugasnya terjun langsung ke masyarakat mengurus jenazah juga mengurus pernikahan, jadi Modin itu bisa dibilang perangkat desa yang paling dekat dengan masyarakat dibandingkan dengan perangkat desa lainnya maupun kepala desa. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Modin dalam pemulasaran jenazah dan pengurusan pernikahan di Desa Tegalarum Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, sumber datanya yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini mengenai bagaimana kinerja Modin dalam pemulasaran jenazah serta bagaimana kinerja Modin dalam pengurusan pernikahan seseorang. Kemudian setelah melakukan proses penelitian dan berhasil mengumpulkan data hasil penelitian, maka penulis menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan verikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian kinerja Modin terlihat dalam tugas-tugas yang dilakukan Modin sebagai perangkat desa. Tugas tersebut antara lain: (1) Mengadakan pemulasaran jenazah dan pencatatan pernikahan serta segala sesuatu yang berhubungan dengan perkawinan, pendataan tentang nikah, talak, rujuk, dan cerai. (2) Memfasilitasi pembinaan kerukunan antara umat beragama, social budaya, dan keagamaan. (3) Membantu memberi bantuan kepada korban bencana alam. (4) Membina kegiatan pengumpulan dana social, zakat, infaq, dan shodaqoh. (5) Melaksanakan tugas lain yang diberikan kepada kepala desa sesuai bidang tugasnya.
Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan kinerja Modin bisa lebih baik dari pada sebelumnya agar masyarakat mendapat pertolongan yang lebih memuaskan. Modin itu profesi yang sangat mulia, tidak sembarangan orang bisa atau mampu melakukannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kinerja; Modin; Pemulasaran; Pernikahan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 21 Oct 2023 07:49
Last Modified: 21 Oct 2023 07:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21822

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics