Pengaruh literasi keuangan, persepsi risiko dan pendapatan terhadap minat berinvestasi tabungan emas pegadaian syariah pada mahasiswa : studi kasus mahasiswa KSEI PTKIN di Jawa Tengah

Rozi, Muhammad Fahrur (2023) Pengaruh literasi keuangan, persepsi risiko dan pendapatan terhadap minat berinvestasi tabungan emas pegadaian syariah pada mahasiswa : studi kasus mahasiswa KSEI PTKIN di Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905026160_Muhammad_Fahrur_Rozi] Text (Skripsi_1905026160_Muhammad_Fahrur_Rozi)
1905026160_Muhammad Fahrur Rozi_Full Skripsi - Fahrur Rozi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Literasi Keuangan berdasarkan Hasil survey Otoritas Jasa Keuangan tahun 2022 sebesar 85,10%, namun tingkat literasi kepada mahasiswa terbilang relatif rendah, berkisar pada angka 31,69%, dan investasi pada tabungan emas pegadaian syariah dikalangan mahasiswa hanya pada angka 5% dari 5,3 juta orang nasabah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, persepsi risiko dan pendapatan terhadap minat berinvestasi tabungan emas pegadaian syariah pada mahasiswa. Populasi yang digunakan pada penelitian kali ini yaitu seluruh mahasiswa KSEI (Kelompok Studi Ekonomi Islam) PTKIN di Jawa Tengah. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling dengan sampel penelitian berjumlah 83 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis statistic deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis (analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji statisticsimultan (uji F) dan uji stastistic parsial (uji T))
Hasil pada penelitian menunjukan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif terhadap minat investasi tabungan emas Pegadaian Syariah, persepsi risiko berpengaruh negatif terhadap minat investasi tabungan emas Pegadaian Syariah. Sedangkan, untuk pendapatan tidak berpengaruh terhadap minat investasi tabungan emas Pegadaian Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Literasi keuangan; persepsi risiko; investasi tabungan emas; pegadaian syariah.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 23 Oct 2023 01:37
Last Modified: 23 Oct 2023 01:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21834

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics