Analisis pengaruh pendapatan premi, klaim, hasil investasi dan hasil underwriting terhadap pertumbuhan aset asuransi Syariah yang terdaftar di OJK tahun 2017-2021

Dhiyaulhaq, Nafila Firda (2023) Analisis pengaruh pendapatan premi, klaim, hasil investasi dan hasil underwriting terhadap pertumbuhan aset asuransi Syariah yang terdaftar di OJK tahun 2017-2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1905046084_Nafila Firda Dhiyaulhaq_Lengkap] Text (Skripsi_1905046084_Nafila Firda Dhiyaulhaq_Lengkap)
Skripsi_1905046084_Nafila Firda Dhiyaulhaq_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perusahaan asuransi syariah yang mengalami fluktuasi pada pertumnuhan asetnya periode 2017-2021. Aset memiliki peranan penting untuk berjalannya kegiatan operasional perusahaan. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan aset, seperti pendapatan premi, klaim, hasil investasi, dan hasil underwriting. Dari hasil kajian ilmiah terdahulu, diperoleh orisinalitas atau keaslian dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini menganalisis ke-empat variabel dependen (pendapatan premi, klaim, hasil investasi, dan hasil underwriting) secara bersamaan dan objek penelitian yang dipilih yaitu keseluruhan dari perusahaan asuransi syariah (asuransi jiwa syariah, asuransi umum syariah dan reasuransi syariah). Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh pendapatan premi, klaim, hasil investasi, dan hasil underwriting sebagai variabel independen terhadap pertumbuhan aset sebagai variabel dependen.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Jenis data menggunakan data sekunder berbentuk laporan keuangan tahunan. Sampel penelitian ini diambil dari 7 perusahaan dengan jumlah 35 observasi. Penelitian ini menggunakan analisis data panel dengan estimasi (fixed effect model) dan teknik analisis data menggunakan statistik deskripstif, uji pemilihan model, uji asumsi klasik, analisis regresi panel, uji hipotesis dengan bantuan software Eviews versi 10.
Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan pendapatan premi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan aset asuransi syariah. Sedangkan, klaim berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan aset asuransi syariah. Hasil investasi dan hasil underwriting tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan aset asuransi syariah tahun 2017-2021 yang terdaftar di OJK.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Aset asuransi shariah; Pendapatan premi; Hasil investasi Hasil
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 23 Oct 2023 01:26
Last Modified: 23 Oct 2023 01:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21837

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics